Arum Primasari, Isana and Utami, Endah and Astuti, Amalia Yuli (2019) Kualitas Layanan Pendidikan Sekolah Menengah Muhammadiyah Di Yogyakarta. In: The 10th University Research Colloqium 2019 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong.
Text
619-Article Text-1220-1-10-20191025 (1).pdf Download (360kB) |
|
Text
HASIL CEK_619-Article (1).pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang: penelitian tentang customer satisfaction terkait
dengan kualitas layanan pendidikan Sekolah Menengah
Muhammadiyah di Yogyakarta. Dalam upayanya meningkatkan
kualitas layanan pendidikan pihak Pengurus Daerah Muhammadiyah
Kota Yogyakarta saat ini membutuhkan informasi tentang kepuasan
para orang tua siswa yang menyekolahkan putra putrinya di
Muhammadiyah.
Tujuan: 1) Membuat kebijakan tentang peningkatan mutu layanan;
2) Penguatan pada aspek-aspek yang sudah baik dan 3) Menjadikan
sekolah-sekolah Muhammadiyah Kota Yogyakarta menjadi sekolah
yang unggul.
Metode: Penelitian ini untuk mengetahui kepuasan konsumen
digunakan model ServQual dengan lima dimensinya, sedangkan
untuk memetakan posisi Kinerja dan Harapan digunakan matriks
Performance and Importance Analysis. Teknik pengambilan sampel
dengan metode Purposive Sampling diambil dari empat Sekolah
Menengah Atas Muhammadiyah di wilayah Kota Yogyakarta
Hasi:l Prioritas layanan yang diinginkan oleh para orang tua siswa
dari ke-4 Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah di Wilayah Kota
Yogyakarta yang pertama adalah komunikasi yang lebih baik antara
pihak sekolah dengan para orang tua siswa selama dalam proses
pembelajaran putra putrinya di sekolah dan kedua adanya
kompetensi pembeda yang dimiliki lulusan terhadap sekolah lainnya
ketika siswa lulus sekolah. Secara umum tidak ditemui kinerja yang
tidak memuaskan terkait dengan sarana prasarana pada ke-4
Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah di Wilayah Kota
Yogyakarta karena ke-4 sekolah tersebut tergolong sekolah
Muhammadiyah favourit di Kota Yogyakarta
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keyword: | Kualitas layanan pendidikan, Model Gap Analysis dan Improvement Performance Analysis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri) |
Depositing User: | Handi Dharmawan |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 02:58 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 02:58 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/41669 |
Actions (login required)
View Item |