Bhakti, Caraka Putra and Kumara, Agus and Nugraha, Ariadi (2017) Implementasi Pendekatan Bimbingan Dan Konseling Perkembangan Untuk Mengurangi Kenakalan Remaja. Prosiding Seminar Nasional, - (-). pp. 64-67. ISSN -
Text
Artikel_Kumara_Implementasi Pendekatan Bimbingan Dan Konseling Perkembangan Untuk Mengurangi Kenakalan Remaja.pdf Download (282kB) |
|
Text
HASIL CEK__Kumara_Implementasi Pendekatan.pdf Download (1MB) |
Abstract
Prosiding Seminar Nasional
Peran Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Pendidikan Karakter
Universitas Ahmad Dahlan 2017
64
IMPLEMENTASI PENDEKATAN BIMBINGAN DAN
KONSELING PERKEMBANGAN UNTUK MENGURANGI
KENAKALAN REMAJA
Caraka Putra Bhakti1), Agus Ria Kumara2), Ariadi Nugraha3)
Universitas Ahmad Dahlan123)
email: caraka.pb@bk.uad.ac.id
Abstrak
Fenomena kenakalan pada remaja menjadi permasalahan yang cukup
mengkhawatirkan dan meresahkan masyarakat, baik dari perspektif pendidikan,
psikologi, sosial, maupun budaya. Tidak hanya masyarakat di Indonesia saja yang
merasakan kekhawatiran tersebut, di negara-negara lain juga ikut merasakannya,
terutama yang berdomisili di kota-kota besar. Kehidupan remaja yang ditandai
oleh berbagai macam kenakalan remaja, adalah bukti lemahnya moralitas dan
kepribadian usia remaja. Masa transisi tersebut, remaja kemungkinan dapat
menimbulkan masa krisis, yang ditandai dengan kecenderungan munculnya
perilaku menyimpang. Perilaku menyimpang tersebut pada kondisi tertentu akan
menjadi perilaku yang mengganggu.Terjadinya kenakalan remaja pada umumnya
tidak disebabkan oleh karena sebab yang tunggal, namun karena sebab yang
kompleks dan beruntun. Sebab yang kompleks berarti bahwa suatu sebab dapat
menimbulkan sebab yang lain dan sebab-sebab itu berkaitan antara satu dengan
yang lainnya. Asumsi dasar pendekatan Bimbingan dan konseling perkembangan
adalah pemikiran bahwa perkembangan individu yang sehat akan terjadi dalam
interaksi yang sehat individu dengan lingkungannya. Dengan kata lain,
lingkungan tersebut bagi individu menjadi lingkungan belajar. Pengembangan
lingkungan positif untuk mengurangi kenakalan remaja dengan berbagai strategi
layanan. Layanan dasar berupa pelatihan soft skill bagi siswa, bimbingan klasikal
dan kelompok. Layanan responsif berupa konseling individu dan kelompok,
Layanan perencanaan individual berupa penilaian diri( apprasial) dalam menilai
sikap diri. Sedangkan dukungan sistem berupa pengembangan lingkungan sekolah
ramah anak.
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Keyword: | bimbingan, konseling perkembangan, kenakalan, remaja |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | Agus Ria Kumara |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 02:31 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 02:31 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/41803 |
Actions (login required)
View Item |