Hitam Putih Penerapan Kurikulum 2013 dan Pengaruhnya Terhadap Institusi Pendidikan Muhammmadiyah

Wahyuni, Indah Fajar and Jaya, Patria Handung (2013) Hitam Putih Penerapan Kurikulum 2013 dan Pengaruhnya Terhadap Institusi Pendidikan Muhammmadiyah. In: Seminar Pendidikan Nasional, June, 2013, UAD.

[thumbnail of HASIL CEK] Text (HASIL CEK)
PROSIDING_Wahyuni_Kurikulum 2013.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pro-Kontra Kurikulum 2013 masih menjadi polemik yang hangat dalam dunia pendidikan saat ini. Namun kita tidak boleh melupakan tujuan dasar kurikulum yaitu suatu program pendidikan yang direncanakan dan dirancang sedemikian rupa untuk memperoleh hasil yang baik sesuai dengan tujuan nasional. Muhammadiyah sebagai salah satu institusi terbesar di Indonesia tidak perlu ikut terbawa arus polemik tersebut mengingat Muhammdiyah sudah memiliki konsep yang jelas terkait tujuan pendidikan yang tercantum dalam Tanfidz Keputusan Muktamar Satu Abad. Maka tujuan dari tulisan ini adalah mencari benang merah penerapan Kurikulum 2013 dan strategi pengembangan kurikulum berdasarkan pada orientasi kebutuhan, dimana dimensi akdemik dan keorganisasian menjadi faktor krusial dan inti dalam penentuan muatan kurikulum. Pendekatan backward curriculum harus dikedepankan supaya prinsip religious, ideologis dan humanities dapat dipenuhi dalam struktur kurikulum yang diterapkan dalam penyelenggaraan pendidikan Muhammadiyah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keyword: kurikulum 2013, konsep pendidikan Muhammadiyah, pengajaran bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-English Education (S1-Pendidikan Bahasa Inggris)
Depositing User: M.Hum Indah Fajar Wahyuni
Date Deposited: 15 Aug 2024 08:06
Last Modified: 15 Aug 2024 08:06
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42218

Actions (login required)

View Item View Item