Dewojati, Raden Wisnu Wijaya (2022) KRITIK SENI IKLAN SOSIAL ANTI ROKOK. Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual, 1 (2). pp. 110-120. ISSN 2809-4662
Text
KRITIK+SENI+IKLAN+SOSIAL+ANTI+ROKOK+ (3).pdf Download (2MB) |
Abstract
Sebuah iklan sebagai media persuasi bagi khalayak bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat melalui berbagai media yang menyertainya. Beberapa metode yang digunakan untuk menganalisis karya selain metode berfikir desain juga menggunakan pendekatan semiotika sebagai sebuah metode analisis tanda guna mengupas karya desain komunikasi visual. Pendekatan dalam menganalisis dan merancang pesan iklan membutuhkan berbagai bidang ilmu dalam penyampaiannya. Komunikasi menjadi bidang ilmu yang utama dalam menyampaikan sebuah pesan iklan, namun strategi bahasa iklan berbeda dengan komunikasi pada umumnya orang berbicara,yaitu perlu pemilihan kata yang tepat, frase yang efektif, singkat, padat, jelas dan mampu mempengaruhi persuasi khalayak. Bahasa iklan tidak cukup hanya menggunakan kaidah-kaidah komunikasi yang efektif, melainkan juga mempertimbangkan bahasa visual atau bahasa rupa melalui penggunaan simbol, tanda, dan ikon.
Kata kunci: Iklan, berfikir desain, semiotika
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Raden Wisnu Wijaya Dewojati |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 01:55 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 01:55 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42337 |
Actions (login required)
View Item |