Intensitas Menonton Film Kartun Dora the Explorer dan Kreativitas Siswa SDN Tunjungsari 1 Kalasan Sleman

Hidayah, Nurul and Fitriningsih, Ratna (2011) Intensitas Menonton Film Kartun Dora the Explorer dan Kreativitas Siswa SDN Tunjungsari 1 Kalasan Sleman. In: Prosiding Seminar Nasional Pemanfaatan ICT dalam Pendidikan, 5 Feb 2011, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of Hidayah Nurul - Menonton Film Kartun Dora The Explorer Kreativitas.pdf] Text
Hidayah Nurul - Menonton Film Kartun Dora The Explorer Kreativitas.pdf

Download (737kB)
[thumbnail of HASIL CEK - Hidayah Nurul - Menonton Film Kartun Dora The Explorer Kreativitas.pdf] Text
HASIL CEK - Hidayah Nurul - Menonton Film Kartun Dora The Explorer Kreativitas.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas menonton
film kartun Dora the Explorer dengan kreativitas siswa SDN Tunjungsari 1 Kalasan
Sleman. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV,V, dan VI SD N Tunjungsari I di
Kecamatan Kalasan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling.
Data diperoleh melalui hasil Tes Kreativitas Figural dan pengisian Skala
Intensitas Menonton Film Kartun Dora the Explorer. Analisis data dilakukan secara
kuantitatif menggunakan aplikasi SPSS 12.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat
signifikan antara variabel intensitas menonton film kartun Dora The Explorer dengan
variabel kreativitas ( r = 0,315 dan p = 0,002 (p<0,01). Variabel intensitas menonton film
kartun Dora The Explorer memberikan sumbangan efektif sebesar 9,9% terhadap
peningkatan kreativitas.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keyword: menonton, film kartun, dora the explorer, kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi)
Depositing User: Nurul Hidayah Hamid
Date Deposited: 08 Apr 2023 04:01
Last Modified: 11 Feb 2024 14:43
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42705

Actions (login required)

View Item View Item