EVALUASI KESEJAHTERAAN PSIKOLOGI SISWA DI SEKOLAH

Hidayah, Nurul and Yuniawati, Rudy (2015) EVALUASI KESEJAHTERAAN PSIKOLOGI SISWA DI SEKOLAH. In: PROCEEDING SEMINAR NASIONAL PSIKOLOGI POSITIF 2015 EMBRACING A NEW WAY OF LIFE: PROMOTING POSITIVE PSYCHOLOGY FOR A BETTER MENTAL HEALTH, 12 Dec 2015, Surabaya, Indonesia.

[thumbnail of Hidayah Nurul - Kesejahteraan Psikologis Sekolah Siswa.pdf] Text
Hidayah Nurul - Kesejahteraan Psikologis Sekolah Siswa.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of HASIL CEK - Hidayah Nurul - Kesejahteraan Psikologis Sekolah Siswa.pdf] Text
HASIL CEK - Hidayah Nurul - Kesejahteraan Psikologis Sekolah Siswa.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kesejahteraan pada siswa di sekolah perlu ditingkatkan karena berdampak terhadap
kesehatan mental siswa dan keberhasilan pembelajaran. Problem-problem yang dialami oleh
siswa seperti problem akademik, problem psikologis, dan problem sosial menjadi indikator
rendahnya kesejahteraan siswa. Sebagai langkah awal diperlukan evaluasi mendalam
terhadap kesejahteraan siswa di sekolah yang selanjutnya dapat dikembangkan intervensi
yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi siswa. Penelitian ini bertujuan memeroleh
gambaran mengenai penilaian kesejahteraan siswa di sekolah. Subjek penelitian adalah 42
siswa pada dua sekolah swasta setingkat SMP di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Penelitian
ini bersifat penelitian evaluatif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode
pengumpulan data menggunakan focus group discussion (FGD). Instrumen penelitian berupa
panduan FGD disusun berdasarkan Model Kesejahteraan Sekolah (Konu dan Rimpela, 2002).
Data hasil penelitian dianalisis secara kualitatif menggunakan thematic analysis. Temuan
penelitian menunjukkan bahwa para siswa merasa belum sejahtera secara psikologis di
sekolah. Pada dimensi having siswa merasa kurang nyaman, kurang puas, kurang aman, dan
merasa terbebani atau stres akibat kondisi sekolah yang jauh dari ideal. Pada dimensi loving
siswa merasakan kepuasan pada aspek hubungan antarteman namun merasa kurang puas pada
aspek hubungan dengan guru, merasa sulit beradaptasi terhadap perubahan kurikulum, dan
merasakan ketidakadilan dalam penerapan peraturan sekolah. Pada dimensi being siswa
merasa belum terlibat secara optimal dalam mengikuti kegiatan-kegiatan sekolah. Pada aspek
health status siswa merasa cukup puas dengan kondisi kesehatannya. Temuan penting lainnya
adalah ditemukannya kecenderungan kekerasan (bullying) secara verbal, fisik, dan seksual,
baik yang dilakukan oleh sesama teman maupun oknum guru.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keyword: kesejahteraan, psikologis, sekolah, siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi)
Depositing User: Nurul Hidayah Hamid
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:09
Last Modified: 11 Feb 2024 14:43
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42707

Actions (login required)

View Item View Item