Ningrum, Nurul Puspita and Hidayah, Nurul (2019) PENGARUH POLA ASUH OTORITATIF DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN BERSEKOLAH PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. In: TEMU ILMIAH NASIONAL XI IKATAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN INDONESIA (IPPI), 20-21 Sept 2019, Malang, Indonesia.
Text
HASIL CEK - Hidayah Nurul - Iklim Sekolah Kepuasan Bersekolah.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh otoritatif dan iklim sekolah terhadap
kepuasan bersekolah pada siswa sekolah menengah pertama. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa-siswi kelas VII dan VIII sebuah SMP swasta di Kota Yogyakarta. Alat pengukuran data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Skala kepuasan bersekolah, skala pola asuh otoritatif dan skala
iklim sekolah. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis
regresi berganda dengan menggunakan program system komputasi Statistical product and Service
Solution (SPSS) for windows 16.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang sangat
signifikan pola asuh otoritatif dan iklim sekolah terhadap kepuasan bersekolah, dengan nilai R sebesar
0,699 dengan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,01). Pola asuh otoritatif berkorelasi positif dengan
kepuasan bersekolah dengan nilai r sebesar 0,259 dan iklim sekolah berkorelasi positif dengan
kepuasan bersekolah dengan nilai r sebesar 0,693. Berdasarkan analisis ini diperoleh bahwa pola asuh
otoritatif dan iklim sekolah memberikan kontribusi terhadap kepuasan bersekolah sebesar 48,8%.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang sangat signifikan pola asuh otoritatif dan
iklim sekolah terhadap kepuasan bersekolah pada siswa SMP.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keyword: | iklim sekolah, kepuasan bersekolah, pola asuh otoritatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi) |
Depositing User: | Nurul Hidayah Hamid |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 01:14 |
Last Modified: | 11 Feb 2024 14:43 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42721 |
Actions (login required)
View Item |