ISMIRADEWI, ISMI and Hidayah, Nurul (2022) Peningkatan keterampilan layanan bimbingan konseling melalui pelatihan identifikasi dan intervensi permasalahan siswa pada gurusekolah dasar. [Artikel Dosen]
Text
HASIL CEK - Hidayah Nurul - Teacher’s Understanding Identification Intervention Counseling Services Student Problem.pdf Download (2MB) |
Abstract
Keterampilan mengidentifikasi dan memberikan intervensi dasar
terhadap permasalahan psikologis anak bagi guru sekolah dasar (SD)
sangat penting untuk peningkatan kualitas akademik dan non
akademik siswa. Hal tersebut mengingat tidak ada layanan khusus
bimbingan dan konseling pada jenjang SD. Penelitian ini bertujuan
untuk memberikan meningkatkan pemahaman terhadap layanan
bimbingan konseling melalui pelatihan ketrampilan identifikasi dan
penanganan masalah siswa. Metode dalam penelitian ini
menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan
adalah desain randomized pretest-postest control group dengan
mengujicobakan modul ‘Keterampilan Identifikasi dan Penanganan
Masalah Siswa’ yang telah melalui tahapan validasi modul. Subjek
penelitian adalah guru-guru SD dengan status guru kelas baik guru
tetap PNS maupun yayasan. Lokasi pengambilan data di SD
Muhammadiyah Kleco Kotagede Yogyakarta. Adapun hasil dari
penelitian ini adalah nilai t sebesar 1,866 dengan nilai p = 0,071 atau
(p>0,05) yang berarti tidak ada perbedaan yang pada tingkat
pemahaman guru dalam mengidentifikasi dan penanganan masalah
siswa, sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan.
Item Type: | Artikel Dosen |
---|---|
Keyword: | Teacher’s understanding, Identification, Intervention, Counseling services Student problem |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisi / Prodi: | Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi) |
Depositing User: | Nurul Hidayah Hamid |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 01:45 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 01:45 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42748 |
Actions (login required)
View Item |