Hastiana, Devi and Hidayah, Nurul (2021) Flow Akademik Ditinjau dari Persepsi Kompetensi Akademik dan Dukungan Guru pada Siswa SMA. [Artikel Dosen]
Text
HASIL CEK - Hidayah Nurul - Dukungan Guru Flow Akademik Persepsi Kompetensi Akademik.pdf Download (2MB) |
Abstract
Flow akademik memiliki peran yang sangat penting dalam bidang
pendidikan untuk meningkatkan keberhasilan akademik. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji hubungan antara persepsi kompetensi akademik
dan dukungan sosial guru dengan flow akademik. Subjek penelitian ini
adalah seluruh siswa SMA “X” di kabupaten Musi Banyuasin berjumlah
92 siswa. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif, alat
pengumpulan data berupa skala psikologi dan analisis data menggunakan
teknik analisis regresi berganda dengan bantuan program komputer IBM
SPSS for windows 21.0. Hasil analisis menunjukkan koefisien korelasi (r)
sebesar 0,292 dan taraf signifikansi (p) sebesar 0,005 (p <0,01) sehingga
dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan
antara persepsi kompetensi akademik dan dukungan guru dengan flow
akademik. Semakin tinggi persepsi kompetensi akademik yang dirasakan
siswa maka semakin tinggi pula flow akademiknya. Semakin tinggi
dukungan guru yang diterima semakin tinggi pula flow akademiknya dan
sebaliknya semakin rendah persepsi kompetensi yang dirasakan siswa
maka semakin rendah pula flow akademiknya, begitu juga dengan
dukungan guru, semakin rendah dukungan guru yang diterima siswa
maka semakin rendah pula flow akademiknya. Sumbangan efektif yang
diberikan masing-masing variabel pada flow akademik yaitu dari persepsi
kompetensi akademik sebesar 62% sementara dari dukungan guru sebesar
12,3% dan sisanya sebesar 25,7% dipengaruhi faktor lain.
Item Type: | Artikel Dosen |
---|---|
Keyword: | Dukungan guru, Flow akademik, Persepsi kompetensi akademik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisi / Prodi: | Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi) |
Depositing User: | Nurul Hidayah Hamid |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 01:51 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 01:51 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42765 |
Actions (login required)
View Item |