PENDAMPINGAN KONSELOR UNTUK PENCEGAHAN BURN OUT BELAJAR MELALUI KONSELING SENI KREATIF PADA KONDISI PANDEMI COVID-19

Prasetiawan, Hardi and Supriyanto, Agus (2021) PENDAMPINGAN KONSELOR UNTUK PENCEGAHAN BURN OUT BELAJAR MELALUI KONSELING SENI KREATIF PADA KONDISI PANDEMI COVID-19. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_Supriyanto, Prasetiawan_Burn out, seni kreatif, pandemi covid-19.pdf] Text
HASIL CEK_Supriyanto, Prasetiawan_Burn out, seni kreatif, pandemi covid-19.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pandemi COVID-19 berdampak pada pembelajaran di sekolah baik bagi siswa mau_pu.,ru. Siswa merasa
bosan dan jenuh dengan pembelajaran online. Konseling seni kreatif merupakan intervensi yang da~t digunakan
untuk mencegah, mengatasi, atau mengurangi kejenuhan siswa. Guru BK belum familiar dengan konseling seni
kreatif untuk membantu siswa burnout di sekolah. Pendampingan merupakan upaya membantu guru BK
mengenal dan mengembangkan diri untuk mencegah kejenuhan siswa dalam pembelajaran online. Metode
.yanannya adalah melalui proses brainstorming, konseling, dan pendampingan. Kegiatan pengabdian
dilakukan kepada guru bimbingan dan konseling di Kabupaten Bantu! dan Kulonprogo. Analisis pengukuran
kondisi burnout siswa dengan rnetode wawancara tentang kondisi bur11out siswa secara kualitatif. Pengukuran
dampak hasil pendampingan terhadap pencegahan burnout dengan penyuluhan seni kreatif melalui wawancara
dianalisis secara kualitatif. Pengukuran pemahaman konseling kreatif untuk membantu siswa burn 0111 melalui
angket yang dianalisis secara kuantitatif dengan metode standar deviasi dan persentase. Hasil brainstorming
dengan guru BK, 75% sis wa mengalami kejenuhan belajar dengan indikator kelelahan dan kejenuhan mental,
fisik, dan emosional. Konseling dilakukan untuk membantu guru BK menganalisis kondisi kejenuhan belajar
a secara online dan konseling seni kreatif untuk membantu kejenuhan behtjar siswa. Pendampingan kepada
guru bimbingan dan konseling untuk mencegah, mengurangi, dan mengatasi kejenuhan belaj,u· siswa. Hasil
pendampingan adalah peningkatan kemampuan guru dalam penggunaan konseling seni kreatif sebesar 77,78%,
dan 8,33% guru yang belum dapat menggunakan konseling seni kreatif dan 13,89% guru kain dalam penggunaan
materi kreatif. konseling seni. Tindak lanjut dari kegiatan pendampingan tersebut adalah pelatihan layanan
konseling seni kreatif untuk membantu siswa burnout.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Hardi Prasetiawan
Date Deposited: 18 Apr 2023 09:42
Last Modified: 18 Apr 2023 09:42
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42958

Actions (login required)

View Item View Item