PENGARUH PERSEPSI TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR IKIP PGRI MADIUN

Prabowo, Sigit Ari and Firdaus, Firdaus (2016) PENGARUH PERSEPSI TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR IKIP PGRI MADIUN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 29-34. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2

[thumbnail of Sigit Ari Prabowo_IKIP PGRI.pdf] Text
Sigit Ari Prabowo_IKIP PGRI.pdf

Download (336kB)

Abstract

Ketercapaian penyelenggaraan pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh mahasiswa. Kegiatan pembelajaran harus dapat mencapai komunikasi dua arah antara mahasiswa dan dosen sehingga dalam proses pembelajaran akan terjadi kesesuaian antara perencanaan yang dibuat dengan pencapaian tujuan pembelajaran. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa, antara lain faktor internal dan faktor eksternal. Hasil analisis data dengan metode regresi sederhana, diperoleh hasil nilai t-hitung sebesar 4,984 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa tingkatan persepsi mahasiswa terhadap kegiatan pembelajaran dalam perkuliahan yang diselenggarakan di kampus mempunyai pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar yang bisa dicapai mahasiswa. Berdasarkan koefisien R Square sebesar 0,395 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh persepsi pembelajaran terhadap prestasi belajar adalah sebesar 39,5%, sisanya dipengaruhi oleh faktor yang lain.

Kata kunci: Persepsi Mahasiswa, Keterlaksanaan Pembelajaraan, Hasil Belajar.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 08 Dec 2016 01:36
Last Modified: 08 Dec 2016 01:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4299

Actions (login required)

View Item View Item