PENDEKATAN DAN STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR

Minsih, Minsih (2015) PENDEKATAN DAN STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 576-581. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2

[thumbnail of Minsih_UMS.pdf] Text
Minsih_UMS.pdf

Download (346kB)

Abstract

Sekolah sebagai institusi pendidikan dan miniatur inspirasi masyarakat perlu mengembang- kan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan era .global tanpa mengesampingkan kemampuan peserta didik dalam mencapai tujuan tersebut. Salah satu upaya yang selama ini telah ditempuh adalah mengambangkan berbagai macam berupa program kegiatan ekstra kuri- kuler, program-program yang mengarah pada pengembangan diri siswa serta beberapa layanan yang mampu mengakomodasi kemampuan siswa serta penggunaan pendekatan, strategi, metode, dan teknik yang digunakan. Penelitian kualitatif naturalistik dilakukan atas dasar induktif yang mengedepankan pengembangan yang berawal dari spesifik seperti konsep, pandangan dan penger- tian yang berasal dari bentuk data yang ada, untuk kemudian menuju pada kesimpulan atau hasil akhir. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Cara yang digunakan dalam menguji keabsahan data atau memeriksa kebenaran adalah yakni dengan memperpanjang waktu penelitian, melakukan pengumpulan data secara terus menerus, mengadakan triangulasi. Pendekatan dan strategi Layanan bimbingan Konseling di Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus mengacu pada bentuk permasalahan yang dialami oleh siswa yaitu pada lima hal, yaitu permasalahan akademik berupa permasalahan belajar dan non akademik berupa permasalahan perkembangan individu, masalah perbedaan individual, masalah kebutuhan individu, masalah penyesuaian diri dan kelainan tingkah laku.

Kata Kunci: Bimbingan, Konseling, layanan, Strategi, Pendekatan

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 27 Dec 2016 01:52
Last Modified: 27 Dec 2016 01:52
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4846

Actions (login required)

View Item View Item