Fadhila, Novia Nur (2015) BIMBINGAN DAN KONSELING BERDIMENSI MULTIKULTURAL-PROFETIK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 333-339. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2
Preview |
Text
Novia Nur_UMJ.pdf Download (384kB) | Preview |
Abstract
Sekolah merupakan salah satu tempat yang menyelenggarakan pendidikan dan layanan Bim- bingan dan Konseling (BK). Di sekolah akan ditemukan berbagai kemajemukan baik dari siswa maupun tenaga pendidik/kependidikan. Dari banyaknya siswa akan ditemukan berbagai keraga- mana dan perbedaan karakteristik dan kebutuhan. Sehingga dibutuhkan suatu kompetensi layanan berdimensi multikultural untuk menyempurnakan layanan BK. Layanan BK berdimensi multi- kultural tidak sebatas pada keberagaman siswa tapi juga perbedaan budaya antara guru BK/konse- lor dengan siswa. Perbedaan ini tentu akan menuntut guru BK/konselor agar mampu memberikan layanan yang sesuai dengan latar belakang budaya serta tidak melepaskan diri dari kaidah-kaidah ajaran agama, tapi justru mengkombinasikan dengan nilai-nilai ajaran agama, salah satunya ada- lah nilai profetik; nilai filosofis kenabian yang sarat dengan akhlak mulia dan budi pekerti yang luhur, tidak hanya mengubah suatu hal demi perubahan, tetapi lebih dari itu, yakni dapat menga- rahkan perubahan atas dasar cita-cita etik dan profetik. Dengan memahami kompetensi multikul- tural dan profetik, para konselor akan memiliki pemahaman BK secara komprehensif, baik dari segi agama, budaya, adat, dan lingkungan sosial.
Kata kunci: Bimbingan dan Konseling, kompetensi, multikultural, profetik
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Prodi PGSD |
Date Deposited: | 27 Dec 2016 09:25 |
Last Modified: | 27 Dec 2016 09:25 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4871 |
Actions (login required)
View Item |