EVALUASI PENCAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL BERDASARKAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE DI SD NEGERI 4 KALIAMAN JEPARA

Wijanarti, Novita and Slameto, Slameto (2015) EVALUASI PENCAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL BERDASARKAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE DI SD NEGERI 4 KALIAMAN JEPARA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 601-607. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2

[thumbnail of Novita Wijanarti_UKSW.pdf] Text
Novita Wijanarti_UKSW.pdf

Download (346kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pencapaian Standar Pelayanan Minimal berdasarkan prinsip Good Governance di SD Negeri 4 Kaliaman Jepara melalui model evaluasi discrepancy. Penelitian evaluasi ini melalui tahap definisi, instalansi, proses, dan produk. Sumber data adalah 12 guru termasuk Kepala Sekolah dan 35 siswa. Instrumen pengumpulan data ada- lah: wawancara, kuesioner, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap definisi, sekolah telah mempunyai visi yang sejalan dengan tujuan dibuatnya program SPM dengan didukung oleh SDM yang memadai dengan pemahaman mengenai prin- sip Good Governance. Tahap instalasi, sudah dilaksanakan dengan melihat harapan dan kegiatan yang dibuat pada RKS serta melihat tantangan sekolah dengan pelaksanaan prinsip Good Gov- ernance. Pada tahap proses, beberapa harapan program SPM yang tertuang pada RKS, hanya beberapa sudah terwujud melaksanakan prinsip Good Governance. Pada tahap produk, pencapaian SPM dan pelaksanaan prinsip Good Governance sama-sama memperoleh kategori baik. Pencapa- ian SPM dari enam jenis pelayanan, 87,4% memperoleh kriteria baik dan penerapan prinsip Good Governance 87,5% (kriteria baik). Kesimpulannya: pelaksanaan prinsip Good Governance mem- pengaruhi tinggi rendahnya pencapaian SPM. Karena tujuan telah tercapai pada kategori baik, maka program ini layak dilanjutkan. Sebaiknya stakeholder mendukung agar kualitas pelayanan terutama kepada siswa tercapai secara maksimal.

Kata kunci: Standar Pelayanan Minimal, Prinsip Good Governance

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 27 Dec 2016 01:55
Last Modified: 27 Dec 2016 01:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4903

Actions (login required)

View Item View Item