CAS NUDER DALAM ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Prasetya, Rahayu Ika and Pambudi, Dholina Inang (2015) CAS NUDER DALAM ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 174-177. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2

[thumbnail of Rahayu Ika, Dholina_PGSD FKIP UAD.pdf] Text
Rahayu Ika, Dholina_PGSD FKIP UAD.pdf

Download (348kB)

Abstract

Pembelajaran dikelas adalah proses ketika guru 1 peserta didik sehingga mereka dapat mema- hami materi. Untuk itu, guru perlu melibatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Na- mun pada kenyataan, pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh guru hanya melibatkan sebagian peserta didik sehingga hanya sebagian peserta didik saja yang memahami materi. Hal ini sudah menjadi biasa dalam pelaksanaan pembelajaran. Padahal, guru yang berperan aktif untuk mend- esain pembelajaran. Pembelajaran di kelas tersebut akan mempengaruhi keterlibatan dan keaktifan peserta didik saat pembelajaran berlangsung. Salah satu tipe metode yang dapat digunakan guru pada mata pelajaran IPS adalah Cas Nuder. Dalam penerapan Cas Nuder, pembelajaran akan berlangsung yang melibatkan seluruh peserta didik dengan tujuan untuk mengoptimalkan potensi peserta didik.

Kata kunci: Pembelajaran, Cas Nuder, dan keaktifan peserta didik.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 27 Dec 2016 09:36
Last Modified: 27 Dec 2016 09:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4932

Actions (login required)

View Item View Item