STRATEGI PEMBELAJARAN K-13 MELATIH CRITICAL THINKING

Maro, Rahmawati Khadijah (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN K-13 MELATIH CRITICAL THINKING. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 340-347. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2

[thumbnail of Rahmawati_UMM.pdf] Text
Rahmawati_UMM.pdf

Download (398kB)

Abstract

Pelaksanaan Kurikulum 2013 (K-13) sebagai kurikulum terbaru di Indonesia menjadi per- debatan yang hangat saat ini. Dengan berbagai keluhan tentang ketidaksesuaian K-13 terhadap atmosfer pendidikan praktis di Indonesia, penulis menemukan ada celah positif yang bisa diambil dari penerapan pembelajaran yang ada di K-13. Penerapan strategi pembelajaran di K-13 ternya- ta melatih siswa untuk mampu berpikir kritis (critical thinking). Beberapa literatur mengatakan bahwa siswa Indonesia kurang dalam keterampilan berpikir kritis. Penulis menemukan bahwa ku- rangnya siswa memiliki kemampuan berpikir kritis disebabkan oleh ‘budaya turun-temurun’ yang tidak bisa diberantas dengan mudah. Budaya turun temurun itu adalah siswa yang menyukai guru sebagai informan, kuatnya pengaruh keluarga dan dua filosofi budaya yaitu manut lan min- turut dan ewuh pakewuh. Dibalik kontroversial untuk tidak mempertahankan pelaksanaan K-13 ini, penulis menemukan bahwa beberapa strategi pengajaran dalam belajar K-13 seperti scientific approach, discovery/inquiry, project based learning dan problem based learning ternyata memiliki nilai ciritical thinking yang dimiliki bangsa barat sebagai budaya warisan. Model pembelajaran yang melatih critical thinking inilah yang menjadi modal siswa untuk mampu bersaing dengan dunia luar khususny di era MEA dan AFTA saat ini.

Kata kunci: K-13, critical thinking, strategi pembelajaran

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 27 Dec 2016 09:35
Last Modified: 27 Dec 2016 09:35
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4935

Actions (login required)

View Item View Item