Musfirah, Musfirah and Rangkuti, Ahmad Faizal (2023) Peningkatan Pengetahuan tentang Bina Penyehatan Lingkungan Sekolah pada Siswa untuk Mewujudkan Adiwiyata dan Healthy Cities. [Artikel Dosen]
Text
Musfirah Rangkuti - Environmental Health Healthy City Knowledge School.pdf Download (3MB) |
Abstract
Abstrak. Kesehatan lingkungan sekolah bertujuan untuk meningkatkan, mewujudkan derajat kesehatan dan
pengembangan siswa secara optimal. Minimnya penerapan santasi dasar lingkungan sekolah yang dibuktikan
dengan kurangnya kesadaran siswa dalam mengelola dan memelihara lingkungan hidup yang sehat dan
penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Untuk itu sudah selayaknya dikembangkan Bina Penyehatan
Lingkungan Sekolah dalam menunjang program sanitasi sekolah, program adiwiyata menuju kota sehat
“Healthy Cities” Yogyakarta. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan partisipasi siswa
dalam mendorong kepedulian terhadap lingkungan sekaligus meminimalisir masalah kesehatan berbasis
lingkungan melalui edukasi sanitasi lingkungan sekolah. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu
ceramah interaktif, FGD, Praktek, dan Evaluasi. Hasil evaluasi terhadap indikator pengetahuan bina kesehatan
lingkungan sekolah diperoleh pengetahuan baik (Pre-test = 55,55%) dan (Post-test = 70,37%) atau terjadi
peningkatan pengetahuan 14,81%. Kegiatan ini sekaligus mengaktifkan organisasi siswa di sekolah sebagai
“peer educator “bagi teman lainnya. dan “agen of change” di lingkungan masyarakat tempat tinggalnya.
Item Type: | Artikel Dosen |
---|---|
Additional Information: | Environmental health; healthy cities; knowledge; school |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisi / Prodi: | Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat) |
Depositing User: | Musfirah |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 07:04 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 07:04 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/51500 |
Actions (login required)
View Item |