Metaphor Story As An Active Learning Media To Increase Children Social Character

Mashar, Riana (2020) Metaphor Story As An Active Learning Media To Increase Children Social Character. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Mashar_Cerita Metafora Media Pembelajaran Aktif Karakter Social.pdf] Text
Mashar_Cerita Metafora Media Pembelajaran Aktif Karakter Social.pdf

Download (634kB)
[thumbnail of HASIL CEK_Mashar_Cerita Metafora Media Pembelajaran Aktif Karakter Social.pdf] Text
HASIL CEK_Mashar_Cerita Metafora Media Pembelajaran Aktif Karakter Social.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Korespondensi_Mashar_Cerita Metafora Media Pembelajaran Aktif Karakter Social.pdf] Text
Korespondensi_Mashar_Cerita Metafora Media Pembelajaran Aktif Karakter Social.pdf

Download (624kB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan keefektifan cerita metafora sebagai media pembelajaran aktif dalam meningkatkan karakter sosial anak. Desain penelitian adalah one group pretest-posttest design. Purposive sampling digunakan untuk memilih 20 siswa kelas dua sekolah dasar yang memiliki skor karakter sosial rendah. Berdasarkan laporan guru, diketahui terdapat 20 siswa yang memiliki karakter sosial lebih rendah dari yang lain. Dalam penelitian ini pengumpulan data karakter sosial anak menggunakan checklist observasi. Data dianalisis dengan Wilcoxon Signed-Rank Test, hanya 19 yang dapat dianalisis karena satu siswa tidak menyelesaikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita metafora sebagai media pembelajaran aktif meningkatkan karakter sosial anak.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: riana mashar
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:15
Last Modified: 15 Nov 2023 02:15
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/52104

Actions (login required)

View Item View Item