Kontribusi Self-Regulated Learning, Kesadaran Diri, dan Kecerdasan Spritual terhadap Prestasi Belajar

Yuzarion, Yuzarion and Diponegoro, Ahmad Muhammad and Prasetya, Akhmad Fajar Kontribusi Self-Regulated Learning, Kesadaran Diri, dan Kecerdasan Spritual terhadap Prestasi Belajar. [Artikel Dosen]

[thumbnail of 2023 Bang Yuz 2_Artikel Sinta2 [Psikologika]1.pdf] Text
2023 Bang Yuz 2_Artikel Sinta2 [Psikologika]1.pdf

Download (249kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi rendahnya prestasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini apakah ada kontribusi selfregulated learning, kesadaran diri, dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar. Penelitian ini berbentuk ex post facto, menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini 170 orang, dipilih 81 orang secara cluster random sampling. Data diperoleh menggunan instrumen, skala self-regulated learning, kesadaran diri, dan kecerdasan spiritual serta data prestasi belajar menggunakan nilai Ujian Akhir Semester. Hasil penelitian terbukti secara empiris, self-regulated learning, kesadaran diri, dan kecerdasan spiritual berkontribusi sangat signifikan terhadap prestasi belajar, diperoleh nilai R sebesar 5,232 dan p=0,002 (p<0,01). Secara parsial: Pertama, self-regulated learning positif signifikan berkontribisi terhadap prestasi belajar, nilai korelasi parsial 0,181 dengan taraf signifikansi sebesar 0,049 (p<0,05). Kedua, kesadaran diri positif sangat signifikan berkontribisi terhadap prestasi belajar, nilai korelasi parsial 0,317 dengan taraf signifikansi sebesar 0,002 (p<0,01). Ketiga, kecerdasan spiritual positif sangat signifikan berkontribisi terhadap prestasi belajar, nilai korelasi parsial 0,356 dengan taraf signifikansi sebesar 0,001 (p<0,01). Kesimpulan penelitian ini ada kontribusi yang sangat signifikan self-regulated learning, kesadaran diri, dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar. Berdasarkan temuan ini, peneliti menyarankan: guru perlu mengenalkan self-regulated learning, kesadaran diri, dan kecerdasan spiritual, menumbuhkan kesadaran diri, dan kecerdasan spiritual. Orangtua perlu berikhtiar menumbuhkan kesadaran diri, dan kecerdasan spiritual dalam keluarga. Rekomendasi penelitian yang sama dapat dilakukan pada tingkat SD, SLTP, SLTA sederajat dan PT.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi)
Depositing User: Akhmad Fajar Prasetya
Date Deposited: 14 Nov 2023 03:59
Last Modified: 14 Nov 2023 03:59
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/52130

Actions (login required)

View Item View Item