Peran Guru dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di Taman Kanak-Kanak ABA Al-Furqon Nitikan Yogyakarta

Fatimah, Siti and Mashar, Riana (2023) Peran Guru dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di Taman Kanak-Kanak ABA Al-Furqon Nitikan Yogyakarta. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3 (1). pp. 1-10. ISSN P-ISSN : 2776-4109 E-ISSN : 2776-4095

[thumbnail of Fatimah Mashar_the role of the teacher differentiated learning TK ABA Al-Furqon.pdf] Text
Fatimah Mashar_the role of the teacher differentiated learning TK ABA Al-Furqon.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of HASIL CEK_Fatimah Mashar_the role of the teacher differentiated learning TK ABA Al-Furqon.pdf] Text
HASIL CEK_Fatimah Mashar_the role of the teacher differentiated learning TK ABA Al-Furqon.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penulisn artikel ini yaitu mendeskripsikan peran guru dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di Taman Kanak-Kanak ABA Al-Furqon Nitikan. Jenis penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di TK ABA Nititikan, Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, studi dokumentasi terhadap perencanaan pembelajaran guru, serta wawancara tidak terstruktur kepada guru kelas. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen observasi, daftar pertanyaan, & pedoman analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif Milles & Huberman (2010) yaitu Aktivitas dalam analisis meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta Penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/ verification). Berdasarkan hasil kegiatan penelitian yang dilakukan dapat di simpulkan bahwa : (1) siswa kelas B-2 memiliki karakteristik yang beragaman baik dari segi kemampuan, latar belakang dan iklim inklusifitas; & (2) secara umum guru telah melakukan pembelajaran berdiferensiasi baik dari segi strategi pendidikan berdiferensiasi isi(konten), proses, dan produk. Namun belum bisa maksimal dikarenakan keterbatasan yang dimiliki guru dalam mengaplikasikan pembelajaran berdiferensiasi.

Item Type: Artikel Umum
Keyword: The Role of the Teacher, Differentiated Learning, TK ABA Al-Furqon
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: riana mashar
Date Deposited: 23 Nov 2023 08:19
Last Modified: 23 Nov 2023 08:19
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/52670

Actions (login required)

View Item View Item