Peningkatan Sikap Ilmiah melalui Model Problem-based Learning dengan Pendekatan Diferensiasi

Okimustava, Okimustava (2023) Peningkatan Sikap Ilmiah melalui Model Problem-based Learning dengan Pendekatan Diferensiasi. [Artikel Dosen]

[thumbnail of RV+FIX+Yusfrina+Yanuarti+Windarto1+(1).pdf] Text
RV+FIX+Yusfrina+Yanuarti+Windarto1+(1).pdf

Download (556kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah peserta didik XG, SMA N 1
Purworejo melalui penerapan pembelajaran model Problem Based Learning dengan pendekatan
diferensiasi pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dilakukan
sebanyak dua siklus. Data diperoleh melalui observasi dengan instrumen lembar observasi. Hasil yang
didapatkan pada siklus I diperoleh rerata kelas 71% dari 100% dengan tiga indikator dari sembilan
indikator mendapatkan predikat “kurang”. Pada siklus II, rerata kelas diperoleh sebesar 85% dari 100%
dengan tujuh indikator dengan predikat “sangat baik” dan dua indikator dengan predikat “baik”.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, terdapat peningkatan sikap ilmiah peserta didik
melalui penerapan model problem based learning dengan pendekatan diferensiasi pada mata
pelajaran fisika.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Depositing User: M.Pd.Si. Oki Mustafa
Date Deposited: 06 Feb 2024 06:52
Last Modified: 06 Feb 2024 06:52
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/55524

Actions (login required)

View Item View Item