Arwindhi, Asti and Fujiastuti, Ariesty Powtoon: Inovasi media pembelajaran teks prosedur untuk siswa sekolahmenengahatas. [Artikel Dosen]
Text
Artikel Asti dan Ariesty.pdf Download (350kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan dan kelayakan media Powtoon sebagai media pembelajaran teks prosedur kelas XI SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pengembangan Research and Development(R&D) dengan model milik Borg and Gall. Subjek pada penelitian ini dilakukan kepada ahli materi, ahli media, ahli pengajaran, dan siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sleman. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan tiga instrumen yaitu observasi, wawancara, dan pengisian angket. Lalu, teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif-deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan mendapatkan kategori “Sangat Baik” untuk digunakan. Hal tersebut sesuai dengan hasil skor yang diperoleh dari para ahli sebagai validator dalam proses validasi media yang dikembangkan. Ahli materi memberikan nilai sebesar 96,36, dari ahli media mendapatkan nilai sebesar 95,86, dan ahli pengajaran memberikan nilai sebesar 100. Sementara itu, nilai dari pengguna media sebesar77,33. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian tersebut bahwa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Powtoon, mampu menjadi solusi bagi kegiatan pembelajaran di sekolah serta menjadi salah satu media yang menarik dan inovatif.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Powtoon, Teks Prosedur
Item Type: | Artikel Dosen |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | M.Pd. Ariesty Fujiastuti |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 07:18 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 07:18 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/55695 |
Actions (login required)
View Item |