Pengembangan media pembelajaran lingkaran menggunakan augmented reality berbasis android bagi siswa tunarungu

Andriyani, Andriyani and Buliali, Jokolianto (2021) Pengembangan media pembelajaran lingkaran menggunakan augmented reality berbasis android bagi siswa tunarungu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (2). (Submitted)

[thumbnail of Artikel PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LINGKARAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID BAGI SISWA TUNARUNGU.pdf] Text
Artikel PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LINGKARAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID BAGI SISWA TUNARUNGU.pdf

Download (895kB)
[thumbnail of Cek Plagiarisme_Pengembangan AR.pdf] Text
Cek Plagiarisme_Pengembangan AR.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran lingkaran dengan augmented reality berbasis Android yang valid dan praktis bagi siswa tunarungu. Media pembelajaran tersebut akan dinilai kelayakannya dari segi kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas empat tahap yaitu analisis, pendesainan, pengembangan, implementasi dan tahap evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 17 siswa tunarungu kelas VII, VIII dan IX di SLBN 2 Bantul. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen angket penilaian kevalidan dari segi materi dan media, serta lembar angket respon siswa. Analisis data skor validasi ahli dan skor respon siswa yang berbentuk skor skala lima (kategori kuantitatif), dikonversi ke dalam kategori kualitatif. Hasil penelitian berupa media lingkaran dengan augmented reality berbasis Android yang valid dan praktis. Ditinjau dari hasil penilaian ahli materi dan ahli media, kevalidan media termasuk kategori sangat baik. Sedangkan dari penilaian respon siswa, kepraktisan media termasuk kategori sangat baik. Siswa tunarungu terlihat antusias menggunakan media pembelajaran yang mengakomodir keterbatasan indra pendengarannya, melalui penyajian teks sebagai pengganti audio dalam mengilustrasikan konten visual konsep lingkaran. Meskipun sudah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan, namun media yang dikembangkan masih memiliki keterbatasan yang memerlukan adanya penelitian lebih lanjut menurut penilaian guru.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: Dr. ANDRIYANI M.Si
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:08
Last Modified: 07 Feb 2024 04:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/55715

Actions (login required)

View Item View Item