Kontribusi Dukungan Orangtua dan Dukungan Teman terhadap Self Regulated Learning di SLTA A B Yogyakarta

UNSPECIFIED (2024) Kontribusi Dukungan Orangtua dan Dukungan Teman terhadap Self Regulated Learning di SLTA A B Yogyakarta. Universitas Ahmad Dahlan. (Unpublished)

[thumbnail of Artikel Sinta 3_Yuzarion-dkk - Psyche 165.pdf] Text
Artikel Sinta 3_Yuzarion-dkk - Psyche 165.pdf

Download (345kB)

Abstract

Self-regulated learning merupakan keterampilan mengatur dan mengarahkan diri dalam belajar. Self-regulated learning seharusnya dimiliki setiap peserta didik, agar memperoleh prestasi belajar yang tinggi. Banyak faktor yang mempengaruhi self-regulated learning peserta didik dalam belajar. Berdasarkan teori kognitif sosial, faktor-faktor yang mempengaruhi self-regulated learning interaksi timbal balik dari person (individu), perilaku, dan lingkungan. Penelitian ini mempfokuskan pada faktor lingkungan; faktor dukungan orangtua dan dukungan teman. Dukungan orangtua dan dukungan teman berkontribusi dalam membentuk self-regulated learning. Penelitian bertujuan menguji secara empiris apakah ada kontribusi dukungan orangtua dan dukungan teman terhadap self-regulated learning. Penelitian menggunakan metode kuantitatif, berjenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian 385 orang peserta didik kelas XI SLTA A dan B Yogyakarta, dipilih 77 orang secara acak independen. Data diperoleh menggunan instrumen, skala self-regulated learning, skala dukungan orangtua dan skala dukungan teman. Hasil penelitian terbukti secara empiris, dukungan orangtua dan dukungan teman berkontribusi sangat signifikan terhadap self-regulated learning, nilai F reg=36,703 dan p=0,000 (p<0,01). Secara parsial pertama, dukungan orangtua positif signifikan berkontribisi terhadap self-regulated learning, nilai t=2,032 dan p=0,046 (p<0,05). Kedua, dukungan teman positif sangat signifikan berkontribisi terhadap self-regulated learning, nilai t=8,325 dan p=0,000 (p<0,01). Secara bersama dukungan orangtua dan dukungan teman berkontribusi memberikan sumbangan efektif 49,8% terhadap self-regulated learning. Secara parsial dukungan orangtua berkontribusi sebanyak 2,79% dan dukungan teman berkontribusi sebanyak 47,01% terhadap self-regulated learning, dan sisanya dipengaruhi faktor lainnya.

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi)
Depositing User: Yuzarion Yuzarion
Date Deposited: 15 Feb 2024 00:52
Last Modified: 15 Feb 2024 00:52
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/57880

Actions (login required)

View Item View Item