ANALISIS PENGAMATAN KAPASITAS PRODUKSI NUGGET CRUNCHY PT BELFOODS INDONESIA BOGOR JAWA BARAT

Romadhona, Deviana and Rahmadhia, Safinta Nurindra ANALISIS PENGAMATAN KAPASITAS PRODUKSI NUGGET CRUNCHY PT BELFOODS INDONESIA BOGOR JAWA BARAT. [Laporan KP]

[thumbnail of KP-2000033023-ANALISIS PENGAMATAN KAPASITAS PRODUKSI NUGGET CRUNCHY PT BELFOODS INDONESIA BOGOR JAWA BARAT.pdf] Text
KP-2000033023-ANALISIS PENGAMATAN KAPASITAS PRODUKSI NUGGET CRUNCHY PT BELFOODS INDONESIA BOGOR JAWA BARAT.pdf

Download (587kB)
[thumbnail of KP-2000033023-ISI LAPORAN.pdf] Text
KP-2000033023-ISI LAPORAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Seiring pesatnya perkembangan industri pangan olahan di Indonesia, persaingan antar industri pangan mengharuskan pihak manajemen produksi perusahaan menggunakan kapasitas produksi sebagai salah satu tolak ukur kemampuan mereka dalam menghasilkan suatu produk seperti nugget. Nugget ayam merupakan produk dengan cita rasa khas olahan daging ayam yang cukup digemari di masyarakat. Belfoods nugget crunchy menghadirkan sajian favorit yang terbuat dari daging ayam pilihan berkuaitas tinggi yang dibalut dengan tepung bumbu berbentuk bubble. Tujuan analisis ini yaitu untuk menentukan nilai rata-rata besaran kapasitas produksi, menentukan nilai rata-rata Availability, performance rate, quality rate pada downtime kapasitas produksi dan menentukan nilai rata-rata OEE pada downtime kapasitas produksi nugget crunchy.
Metode yang digunakan untuk mengatasi pemecahan masalah adalah dengan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi lapangan, wawancara dan studi literature. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah dalam kerja praktik ini, yakni data primer dan sekunder. Kemudian analisis yang digunakan adalah analisis kapasitas produksi dan OEE (Overall equipment effectiveness).
Hasil dari analisis data diperoleh bahwa nilai rata-rata besaran kapasitas produksi nugget crunchy 98% dengan keterengan kapasitas produksi terpenuhi. Kemudian nilai rata-rata availability pada breakdown time kapasitas mesin produksi nugget crunchy yaitu 86%, performance rate 79% dan quality rate 98,29%. Hasil nilai rata-rata OEE pada breakdown time kapasitas mesin produksi nugget crunchy yaitu 67%.

Kata Kunci : Analisis, Kapasitas Produksi, Nuggget Ayam , OEE

Item Type: Laporan KP
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Deviana Romadhona
Date Deposited: 19 Mar 2024 07:15
Last Modified: 19 Mar 2024 07:15
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61356

Actions (login required)

View Item View Item