Strategi Guru PAI dalam menguatkan kesadaran beribadah salat fardu Siswa di SMP N 12 Yogyakarta melalui penggunaan media pembelajaran interaktif

Tobasa, Majelis Rena (2024) Strategi Guru PAI dalam menguatkan kesadaran beribadah salat fardu Siswa di SMP N 12 Yogyakarta melalui penggunaan media pembelajaran interaktif. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000031254_JUDUL__240306121238.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000031254_BAB_I__240304012625.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000031254_BAB_II__240304012625.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000031254_BAB_III__240304012625.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000031254_BAB_IV__240304012625.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000031254_BAB_V__240304012625.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031254_DAFTAR_PUSTAKA__240304012625.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000031254_LAMPIRAN__240304012625.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh lemahnya kesadaran beribadah salat fardu siswa di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Fokus penelitian ini yaitu pada permasalahan kesadaran beribadah salat siswa di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Tujuannya adalah pertama, untuk mengeksplorasi strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan media pembelajaran interaktif untuk memperkuat praktik ibadah. Kedua, untuk mengamati pelaksanaan ibadah salat oleh para peserta didik. Ketiga, untuk menilai manfaat dari penerapan strategi tersebut terhadap pemahaman dan pengamalan ibadah salat fardu siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, dan siswa di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Metode pengumpulan data mencakup wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data yang terkumpul, menyajikan data, dan menyimpulkan temuan-temuan yang relevan.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi pengajaran yang melibatkan media pembelajaran interaktif efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep ibadah fardu, mendorong motivasi untuk melaksanakan salat, dan membentuk perilaku yang lebih baik. Kesimpulannya, implementasi strategi ini memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kesadaran beribadah salat siswa di SMP Negeri 12 Yogyakarta, serta berpotensi menjadi kontributor penting dalam pengembangan metode pembelajaran agama yang lebih efektif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: media, strategi, guru
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: user fk
Date Deposited: 07 May 2024 03:45
Last Modified: 07 May 2024 03:45
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62313

Actions (login required)

View Item View Item