Tobasa, Majelis Rena (2024) Strategi Guru PAI dalam menguatkan kesadaran beribadah salat fardu Siswa di SMP N 12 Yogyakarta melalui penggunaan media pembelajaran interaktif. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031254_JUDUL__240306121238.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031254_BAB_I__240304012625.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031254_BAB_II__240304012625.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
|
Text (BAB III)
T1_2000031254_BAB_III__240304012625.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031254_BAB_IV__240304012625.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
T1_2000031254_BAB_V__240304012625.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031254_DAFTAR_PUSTAKA__240304012625.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031254_LAMPIRAN__240304012625.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh lemahnya kesadaran beribadah salat fardu siswa di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Fokus penelitian ini yaitu pada permasalahan kesadaran beribadah salat siswa di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Tujuannya adalah pertama, untuk mengeksplorasi strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan media pembelajaran interaktif untuk memperkuat praktik ibadah. Kedua, untuk mengamati pelaksanaan ibadah salat oleh para peserta didik. Ketiga, untuk menilai manfaat dari penerapan strategi tersebut terhadap pemahaman dan pengamalan ibadah salat fardu siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, dan siswa di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Metode pengumpulan data mencakup wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data yang terkumpul, menyajikan data, dan menyimpulkan temuan-temuan yang relevan.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi pengajaran yang melibatkan media pembelajaran interaktif efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep ibadah fardu, mendorong motivasi untuk melaksanakan salat, dan membentuk perilaku yang lebih baik. Kesimpulannya, implementasi strategi ini memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kesadaran beribadah salat siswa di SMP Negeri 12 Yogyakarta, serta berpotensi menjadi kontributor penting dalam pengembangan metode pembelajaran agama yang lebih efektif dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | media, strategi, guru |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 07 May 2024 03:45 |
Last Modified: | 07 May 2024 03:45 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62313 |
Actions (login required)
View Item |