Nurjanah, Putria Wati (2024) Implementasi problem based learning dalam membentuk akhlak Siswa di SMP Negeri 12 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031049_JUDUL__240306115212.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031049_BAB_I__240304011755.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031049_BAB_II__240304011755.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
|
Text (BAB III)
T1_2000031049_BAB_III__240304011755.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031049_BAB_IV__240304011755.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
T1_2000031049_BAB_V__240304011755.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031049_DAFTAR_PUSTAKA__240304011755.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031049_LAMPIRAN__240304011755.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya penurunan akhlak siswa di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Masalah yang mendasari penelitian ini adalah terkait dengan tingkat akhlak siswa yang bervariasi, termasuk adanya pengaruh teknologi dan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Metode Problem Based Learning (PBL) dalam membentuk akhlak siswa di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui permasalahan akhlak siswa, (2) untuk menganalisis efektivitas PBL dalam membentuk akhlak siswa dan (3) mengidentifikasi faktor pendukung serta penghambat penerapan metode ini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, Waka Kesiswaan, serta siswa di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Metode pengumpulan data melibatkan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PBL dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memberikan dampak positif, mengaktifkan partisipasi siswa, dan membentuk karakter akhlakul karimah. Faktor pendukung meliputi peran guru-guru di berbagai mata pelajaran, bahan ajar yang relevan, dan fasilitas sekolah yang memadai. Namun, terdapat hambatan, seperti sulitnya berkomunikasi dengan orang tua siswa dan kendala waktu pembelajaran yang terbatas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa PBL efektif dalam membentuk akhlak siswa, dengan dukungan guru dan fasilitas sekolah yang memadai. Meskipun demikian, perlu perhatian khusus terhadap hambatan komunikasi dengan orang tua siswa dan optimalisasi waktu pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi dasar untuk pengembangan metode pembelajaran yang lebih baik dalam membentuk karakter siswa di masa depan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | implementasi, problem based learning, akhlak |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 06 May 2024 01:25 |
Last Modified: | 06 May 2024 01:25 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62330 |
Actions (login required)
View Item |