Implementasi problem based learning dalam membentuk akhlak Siswa di SMP Negeri 12 Yogyakarta

Nurjanah, Putria Wati (2024) Implementasi problem based learning dalam membentuk akhlak Siswa di SMP Negeri 12 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000031049_JUDUL__240306115212.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000031049_BAB_I__240304011755.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000031049_BAB_II__240304011755.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000031049_BAB_III__240304011755.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000031049_BAB_IV__240304011755.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000031049_BAB_V__240304011755.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031049_DAFTAR_PUSTAKA__240304011755.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000031049_LAMPIRAN__240304011755.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya penurunan akhlak siswa di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Masalah yang mendasari penelitian ini adalah terkait dengan tingkat akhlak siswa yang bervariasi, termasuk adanya pengaruh teknologi dan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Metode Problem Based Learning (PBL) dalam membentuk akhlak siswa di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui permasalahan akhlak siswa, (2) untuk menganalisis efektivitas PBL dalam membentuk akhlak siswa dan (3) mengidentifikasi faktor pendukung serta penghambat penerapan metode ini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, Waka Kesiswaan, serta siswa di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Metode pengumpulan data melibatkan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PBL dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memberikan dampak positif, mengaktifkan partisipasi siswa, dan membentuk karakter akhlakul karimah. Faktor pendukung meliputi peran guru-guru di berbagai mata pelajaran, bahan ajar yang relevan, dan fasilitas sekolah yang memadai. Namun, terdapat hambatan, seperti sulitnya berkomunikasi dengan orang tua siswa dan kendala waktu pembelajaran yang terbatas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa PBL efektif dalam membentuk akhlak siswa, dengan dukungan guru dan fasilitas sekolah yang memadai. Meskipun demikian, perlu perhatian khusus terhadap hambatan komunikasi dengan orang tua siswa dan optimalisasi waktu pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi dasar untuk pengembangan metode pembelajaran yang lebih baik dalam membentuk karakter siswa di masa depan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: implementasi, problem based learning, akhlak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: user fk
Date Deposited: 06 May 2024 01:25
Last Modified: 06 May 2024 01:25
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62330

Actions (login required)

View Item View Item