Heldayanti, Heldayanti (2024) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam menguatkan profil belajar Pancasila bernalar kritis di SD Muhammadiyah Kleco 1. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005110_JUDUL__240319125114.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) | Request a copy |
|
Text (BAB I)
T1_2000005110_BAB_I__240319101309.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
T1_2000005110_BAB_II__240319101309.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005110_BAB_III__240319101309.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005110_BAB_IV__240319101309.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005110_BAB_V__240319101309.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005110_DAFTAR_PUSTAKA__240319101309.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005110_LAMPIRAN__240319101309.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005110_NASKAH_PUBLIKASI__240319101309.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) | Request a copy |
Abstract
Bernalar kritis sangat penting bagi peserta didik untuk menyelesaikan masalah dan membuat keputusan. Namun tingkat berpikir kritis pelajar di Indonesia masih rendah sehingga berdampak pada aspek akademis dan moral mereka. Di SD Muhammadiyah Kleco 1 peserta didik kelas 1 sudah mampu membuat kalimat ajakan sederhana yang mencerminkan bahwa tingkat berpikirnya berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam menguatkan profil pelajar Pancasila bernalar kritis dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengimplementasian pembelajaran berdiferensiasi dalam menguatkan profil pelajar Pancasila bernalar kritis di SD Muhammadiyah Kleco 1.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan peserta didik, serta objeknya tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam menguatkan profil pelajar Pancasila bernalar kritis. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi yaitu triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam menguatkan profil pelajar Pancasila bernalar kritis di SD Muhammadiyah Kleco 1 meliputi diferensiasi isi, proses, produk dan lingkungan. Diferensiasi konten dicapai dengan menyiapkan konten berdasarkan kebutuhan dan pemahaman peserta didik. Diferensiasi proses meliputi kegiatan dalam pembelajaran berupa pertanyaan pemantik, penyampaian materi, pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, pengerjaan LKPD, presentasi dan penilaian sumatif. Diferensiasi produk dilakukan dengan berbagai cara dapat melalui karya, tulisan, gambar, presentasi dan lainnya. Serta diferensiasi lingkungan dengan menciptakan suasana kelas yang kondusif dan nyaman bagi peserta didik. Faktor pendukungnya adalah kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran dan sarana prasarana yang ada. Dan faktor penghambat yaitu sarana dan prasarana harus ditambah dan di upgrade lagi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Profil pelajar Pancasila, bernalar kritis, pembelajaran berdiferensiasi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 14 May 2024 07:28 |
Last Modified: | 14 May 2024 07:28 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62895 |
Actions (login required)
View Item |