Analisis pengaruh mata kuliah creativepreneurship terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha (Studi kasus: mahasiswa Teknik Industri UAD Angkatan 2020)

Pratiwi, Malia Eka (2024) Analisis pengaruh mata kuliah creativepreneurship terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha (Studi kasus: mahasiswa Teknik Industri UAD Angkatan 2020). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900019022_JUDUL__240316111512.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900019022_BAB_I__240316111512.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900019022_BAB_II__240316111512.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900019022_BAB_III__240316111512.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900019022_BAB_IV__240316111512.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900019022_BAB_V__240316111512.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900019022_DAFTAR_PUSTAKA__240316111512.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900019022_LAMPIRAN__240316111512.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Teknik Industri merupakan salah satu program studi Universitas Ahmad Dahlan yang memiliki visi menghasilkan lulusannya memiliki kompetensi entrepreneurship. Pada peninjauan kurikulum 2016, terdapat perubahan mata kuliha yaitu keiwrausahan menjadi mata kuliah creativepreneurshipyang tertuang dalam kurikulum 2021. Mata kuliah creativepreneurshipmulai diberlakukan pada mahasiswa Teknik Industri UAD angkatan 2020 berdasarkan ekuivalensi kurikulum 2016 ke 2021. Selama ini belum pernah dilakukan pengukuran terhadap besarnyapengaruh mata kuliah creativepreneurship terhadap minat mahasiswa berwirausaha. Penelitian ini, bertujuan untuk melihat besarnya pengaruh mata kuliah creativepreneurship terhadap minat mahasiswa berwirausaha. Hasil ini akan digunakan sebagai gambaran untuk program studi Teknik Industri Universitas Ahmad Dahlan pada penerapan mata kuliah creativepreneurship tahun ajaran berikutnya.
Metode yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah metode regresi linier berganda. Pengolahan data menggunakan bantuan software SPSS veresi 22 variabel bebas yang digunakan yaitu: 1). Materi Pembelajaran dan 2). Cara Penyampaian. Sedangkan variabel terikat yaitu Minat Berwirausaha. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang dihitung menggunakan metide slovin. Teknik sampling yang digunakan yaitu metode probability sampling jenis random sampling.
Berdasarkan pengolahan data dan analisis, diperoleh besarnya presentase pengaruh mata kuliah creativepreneurship terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha sebesar 22,9 % dan sisanya di luar dari penelitian ini. Estimasi minat mahasiswa berwirausaha diukur melalui besarnya koefisien dari materi pembelajarab sebesar 0,035 dan cara penyampaian sebesar 0,012. Nilai koefisien uji simultan sebesar 0,000 yang artinya materi pembelajaran dan cara penyampaian berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha baik secara parsial maupun simultan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: berwirausaha, creativepreneurship, minat, regresi linier berganda
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: userperpus3 userperpus3
Date Deposited: 07 May 2024 06:26
Last Modified: 07 May 2024 06:26
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63145

Actions (login required)

View Item View Item