Mardarisa, Mega (2024) Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan etnomatematika pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk kelas IX SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800006028_JUDUL__240515094141.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB I)
T1_1800006028_BAB_I__240515094141.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
T1_1800006028_BAB_II__240515094141.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800006028_BAB_III__240515094141.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800006028_BAB_IV__240515094142.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800006028_BAB_V__240515094142.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800006028_DAFTAR_PUSTAKA__240515094142.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1800006028_LAMPIRAN__240327070010.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800006028_NASKAH_PUBLIKASI__240327070010.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesulitan yang dialami peserta didik dalam mempelajari konsep matematika khususnya pada materi bangun ruang sisi lengkung. Hal ini dikarenakan terbatasnya penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran yang berdampak pada minat belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-modul dengan pendekatan etnomatematika pada materi bangun ruang sisi lengkung yang layak digunakan, sebagai alternatif bahan ajar lain yang bisa digunakan dalan pembelajaran.
Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D ( Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX di SMPN 2 Kaledupa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan bahan ajar yang dikembangkan berupa angket validasi ahli materi dan ahli media serta angket respon peserta didik. Data yang diperoleh dari pengukuran kevalidan dan kepraktisan kemudian diolah menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian pengembangan bahan ajar dengan pendekatan etnomatematika menunjukan bahwa e-modul pembelajaran yang dikembangkan minyak layak digunakan berdasarkan hasil penilaian validator ahli materi dan ahli media. Persentase skor rata-rata yang diperoleh dari validator ahli materi sebesar 89,06�ngan kriteria sangat valid. Sedangkan, persentase skor rata-rata dari validator ahli media sebesar 86,45�ngan kriteria sangat valid. Selain itu, e-modul pembelajaran dengan pendekatan etnomatematika juga dinyatakan praktis digunakan berdasarkan hasil penilaian respon peserta didik. Rata-rata persentase keseluruhan skor penilaian respon peserta didik adalah sebesar 89,93�ngan kriteria sangat praktis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Bahan ajar, E-modul matematika, etnomatematika, bangun ruang sisi lengkung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus1 userperpus1 |
Date Deposited: | 21 May 2024 02:09 |
Last Modified: | 21 May 2024 02:09 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63481 |
Actions (login required)
View Item |