Rancang bangun user experience dan user interface pada Rozi Tour menggunakan metode design thinking

Rosyada, Sabilla (2024) Rancang bangun user experience dan user interface pada Rozi Tour menggunakan metode design thinking. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900018314_JUDUL__240516055229.pdf

Download (970kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900018314_BAB_I__240514074748.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900018314_BAB_II__240514074748.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900018314_BAB_III__240514074748.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900018314_BAB_IV__240514074749.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900018314_BAB_V__240514074749.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900018314_DAFTAR_PUSTAKA__240515083026.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900018314_NASKAH_PUBLIKASI__240514074950.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rozi Tour sebagai instasi yang bergerak dalam bidang travel agent yang dimana membantu mengatur perjalanan sesuai kebutuhan dan prefensi. Rozi Tour sendiri mempunyai tujuan memastikan wisatawan memiliki pengalaman perjalanan yang menyenagkan dan memuaskan. Proses bisnis yang terdapat pada Rozi Tour memiliki permasalahan yaitu proses promosi yang sulit menjangkau pelanggan, pelayanan yang kurang efektif dan menghambat kenyamanan pelanggan, serta pelanggan tidak mendapatkan informasi yang akurat secara efektif. Adanya masalah tersebut maka dibuatlah sebuah website dengan UI/UX yang menarik untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Pada penelitian ini dirancang UI/UX sebuah website Rozi Tour yang akan dirancang menggunakan aplikasi Figma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu design thinking. Tahapan yangdigunakan pada design thinking yaitu: Emparty, Define, IdeatePrototype,Testing. tahapan ini diikuti secara linier dan dapat berulang-ulang dalam proses iteratif. Selain itu, kolaborasi, komunikasi, dan pembaruan berkelanjutan dengan melibatkan pengguna dan stakeholder sangat penting dalam setiap tahap desain thinking.
Hasil penelitian ini menghasilkan design UI/UX website Rozi Tour yang siap diimpelementasikan ke dalam website sesuai kebutuhan pengguna dimana developer yang akan mengembangkan wesite yang menghasilkan desain website yang menarik, fungsional, dan mudah dinavigasi bagi pengguna. Desain ini diujikan dengan UEQ (User Experience Questionnaire) dan SUS (system usability scale) yang menghasilkan efektivitas keberhasilan mencapai sekitar 93,3 % untuk pengujian user dan 97,5untuk pengujian admin. Hasil dari efisiensi yaitu antara task success dan time on task yaitu 95,04% pada user dan 97,19 %pada admin. Hasil pengujian untuk kepuasan pengguna menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna sekitar 91,07.Nilai tersebut berada pada tingkat A atau Excellent dan Acceptable.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Rozi Tour, user interface dan user experience, design thinking
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: userperpus3 userperpus3
Date Deposited: 24 May 2024 02:44
Last Modified: 24 May 2024 02:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63531

Actions (login required)

View Item View Item