Cholid, Fahmi (2024) Analisis sentimen pengguna Twitter terhadap Kurikulum Merdeka menggunakan metode naive bayes classifier dan support vector machine. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2107050021_JUDUL__240527032542.pdf Download (714kB) |
|
Text (BAB I)
T2_2107050021_BAB_I__240527032542.pdf Download (360kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2107050021_BAB_II__240527032542.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2107050021_BAB_III__240527032542.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2107050021_BAB_IV__240527032542.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2107050021_BAB_V__240527032542.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2107050021_DAFTAR_PUSTAKA__240527032542.pdf Download (85kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2107050021_LAMPIRAN__240527032542.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan aspek yang amat penting dalam berbagai kehidupan, hal ini tak lepas dari besarnya peran dan dampak positif yang ditimbulkan dari majunya suatu sistem pendidikan. Pendidikan selalu berkaitan dengan kurikulum. Kurikulum merupakan suatu alat yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan sehingga dapat dikatakan bahwa kurikulum merupakan acuan dalam proses penyelenggaraan pendidikan di Indonesia. Kurikulum Pendidikan di Indonesia tercatat sudah menerapkan beberapa pergantian kurikulum yang terbaru adalah kurikulum Merdeka. Sampai saat ini, konsep Kutikulum Merdeka telah banyak mendapat respon yang beragam dari berbagai lembaga pendidikan. kurikulum merdeka tidak lepas dari opini pro, opini kontra, dan opini netral dari masyarakat, orang tua, siswa dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan sentimen pengguna twitter terhadap kebijakan pemerintah mengenai kurikulum merdeka ke dalam sentimen positif dan sentimen negative menggunakan metode Naïve Bayes Classifier Dan Support Vector Machine. Tujuan dari klasifikasi sentimen positif dan negative sendiri untuk memberikan informasi kepada pemerintah dan pembaca mengenai kurikulum merdeka sehingga dapat memberi masukan berdasarkan opini masyarakat. Hasil menunjukkan prosentase sentimen positif adalah 47% atau sebanyak 451 tweet sedangkan sentimen negatif sebesar 53% atau sebanyak 264 tweet. Artinya respon positif masyarakat terhadap kebijakan kurikulum merdeka di Indonesia lebih banyak dibandingkan dengan respon negatif. Hasil klasifikasi terbaik adalah dengan menggunakan Naive Bayes Classifier karena memiliki rata-rata nilai performa klasifikasi tertinggi dibandingkan dengan dua metode lainnya.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Analisis sentimen, kurikulum merdeka, naïve bayes classifier dan support vector machine |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 30 May 2024 07:15 |
Last Modified: | 30 May 2024 07:15 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63792 |
Actions (login required)
View Item |