Pengaruh content marketing dan electronic word of mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian virtual goods pada game online Mobile Legends di Xcashshop

Guswinaz, Adinda Rahma (2024) Pengaruh content marketing dan electronic word of mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian virtual goods pada game online Mobile Legends di Xcashshop. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900030331_JUDUL__240611110525.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900030331_BAB_I__240611110501.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900030331_BAB_II__240611110501.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900030331_BAB_III__240611110501.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900030331_BAB_IV__240611110501.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900030331_DAFTAR_PUSTAKA__240611110501.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900030331_LAMPIRAN__240611110501.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900030331_NASKAH_PUBLIKASI__240611110501.pdf

Download (686kB)

Abstract

Popularitas game online yang terus meningkat diikuti dengan melonjaknya angka pembelian virtual goods atau barang digital dalam game online. Xcashshop merupakan salah satu penyedia layanan top up game online yang memanfaatkan media sosial instagram sebagai salah satu platform dalam memperluas target pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh content marketing dan electronic word of mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian pengikut instagram @xcashshop_.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diambil melalui penyebaran kuesioner kepada pengikut akun Instagram Xcashshop (@xcashshop_). Sampel terdiri dari 100 responden yang dipilih menggunakan rumus Slovin diambil dengan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan alat bantu SPSS versi 26. Analisis ini meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat analisis, uji regresi linier berganda, uji hipotesis yakni uji t, uji f, serta koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel content marketing dan electronic word of mouth secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian virtual goods dalam game online Mobile Legends di Xcashshop, variabel content marketing berpengaruh lebih besar terhadap keputusan pembelian. Variabel content marketing dan e-WOM secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian virtual goods dalam game online Mobile Legends di Xcashshop dengan besaran pengaruh sebesar 65,1% sedangkan sisanya yakni 34,9% dipengaruhi oleh faktor lainnya diluar model penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Content marketing, Electronic Word of Mouth (e-WOM), keputusan pembelian
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisi / Prodi: Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi
Depositing User: userperpus3 userperpus3
Date Deposited: 12 Jun 2024 02:18
Last Modified: 12 Jun 2024 02:18
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64094

Actions (login required)

View Item View Item