Guswinaz, Adinda Rahma (2024) Pengaruh content marketing dan electronic word of mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian virtual goods pada game online Mobile Legends di Xcashshop. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900030331_JUDUL__240611110525.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900030331_BAB_I__240611110501.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900030331_BAB_II__240611110501.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900030331_BAB_III__240611110501.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900030331_BAB_IV__240611110501.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900030331_DAFTAR_PUSTAKA__240611110501.pdf Download (170kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900030331_LAMPIRAN__240611110501.pdf Restricted to Registered users only Download (870kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900030331_NASKAH_PUBLIKASI__240611110501.pdf Download (686kB) |
Abstract
Popularitas game online yang terus meningkat diikuti dengan melonjaknya angka pembelian virtual goods atau barang digital dalam game online. Xcashshop merupakan salah satu penyedia layanan top up game online yang memanfaatkan media sosial instagram sebagai salah satu platform dalam memperluas target pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh content marketing dan electronic word of mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian pengikut instagram @xcashshop_.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diambil melalui penyebaran kuesioner kepada pengikut akun Instagram Xcashshop (@xcashshop_). Sampel terdiri dari 100 responden yang dipilih menggunakan rumus Slovin diambil dengan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan alat bantu SPSS versi 26. Analisis ini meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat analisis, uji regresi linier berganda, uji hipotesis yakni uji t, uji f, serta koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel content marketing dan electronic word of mouth secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian virtual goods dalam game online Mobile Legends di Xcashshop, variabel content marketing berpengaruh lebih besar terhadap keputusan pembelian. Variabel content marketing dan e-WOM secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian virtual goods dalam game online Mobile Legends di Xcashshop dengan besaran pengaruh sebesar 65,1% sedangkan sisanya yakni 34,9% dipengaruhi oleh faktor lainnya diluar model penelitian.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Content marketing, Electronic Word of Mouth (e-WOM), keputusan pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisi / Prodi: | Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 02:18 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 02:18 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64094 |
Actions (login required)
View Item |