Machbub, Ayyu Dzikro Zaronil (2024) Pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Muhammadiyah Pajangan 2. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005021_JUDUL__240608092657.pdf Download (578kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005021_BAB_I__240608092657.pdf Download (182kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005021_BAB_II__240608092657.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005021_BAB_III__240608092657.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005021_BAB_IV__240608092657.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005021_BAB_V__240608092657.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005021_DAFTAR_PUSTAKA__240608092657.pdf Download (174kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005021_LAMPIRAN__240608092657.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan bahwa rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya keberagaman kebutuhan siswa seperti gaya belajar yang belum diakomodasi dengan baik, sehingga memunculkan sikap acuh dalam pembelajaran dan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Berdasarkan hal tersebut salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika adalah pembelajaran berdiferensiasi. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Muhammadiyah Pajangan 2.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah Pajangan 2 yang terdiri dari dua kelas A dan B. Sampel yang diambil menggunakan teknik random sampling yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan observasi dan tes soal pilihan ganda dengan materi pecahan. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji beda menggunakan uji Independent Sample T-Test dan uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan bantuan SPSS v26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-Test pada hasil belajar didapatkan nilai Sig. sebesar 0,000 nilai Sig. tersebut < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Muhammdiyah Pajangan 2.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Hasil belajar, matematika, pembelajaran berdiferensiasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 02:19 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 02:19 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64111 |
Actions (login required)
View Item |