Chotimah, Khusnul (2024) Pengaruh pemahaman huruf hijaiyah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada kelompok pengajian ibu-ibu Dusun Sadakan Desa Grogol Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031259_JUDUL__240612110244.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB I)
T1_2000031259_BAB_I__240608101657.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
T1_2000031259_BAB_II__240608101657.pdf Restricted to Repository staff only Download (764kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000031259_BAB_III__240608101657.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031259_BAB_IV__240608101657.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000031259_BAB_V__240608101657.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031259_DAFTAR_PUSTAKA__240611113757.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031259_LAMPIRAN__240608101657.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemahaman huruf hijaiyah yang sangat penting bagi seseorang dalam memahami bacaan Al-Qur’an. Pemahaman huruf hijaiyah ini juga dianggap mempunyai pengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan seberapa besar pengaruh pemahaman huruf hijaiyah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada kelompok pengajian ibu-ibu Dusun Sadakan, Desa Grogol, Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah. Metode dalam penelitian ini, yaitu menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi Penelitian ini dilaksanakan di Masjid Muslimin, dengan objek penelitian kelompok pengajian ibu-ibu Dusun Sadakan, dengan populasi berjumlah 72 orang yang sekaligus sampel seluruhnya. Dalam penelitian ini, menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis uji regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS.
Hasil penelitian menujukan nilai signifikansi sebesar 0,00, diamana nilai tersebuat lebih kecil dari 0,05 pada taraf kepercayaan 95% sehingga indikator dalam varibel X yang berupa kemampuan membaca huruf hijaiyah yang disambung maupun dipisah, kemampuan membaca huruf hijaiyah berharokat dan tidak berharokat, mengetahui seluruh huruf hijaiyah, dan pengetahuan huruf hijaiyah dan melafalkan makhorijul huruf dengan baik dan benar mendapatkan presentase 69,2% dengan kategori lancar, sehingga terdapat adanya pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Selanjutnya, presentase pengaruh pemahaman huruf hijaiyah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an, memperoleh nilai R Square sebesar 0,835, diartikan bahwa pemahaman huruf hijaiyah berkontribusi besar terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an sebesar 83,5%. Selanjutnya, koefisien regresi linier sederhana yang mendapatkan nilai signifikansi 0,048, dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (nilai p < 0,05) sehingga hasil regresi dianggap seignifikan dan mempunyai pengaruh terhadap variabel dependen dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pemahaman, huruf hijaiyah, kemampuan, membaca Al-Qur’an, pengajian ibu-ibu |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 09:14 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 09:14 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64176 |
Actions (login required)
View Item |