Nafiani, Aisya Fitria (2024) Perancangan ulang user interface pada aplikasi perpustakaan digital iJogja menggunakan metode design thinking. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900016020_JUDUL__240613010335.pdf Download (983kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900016020_BAB_I__240613010335.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900016020_BAB_II__240613010335.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900016020_BAB_III__240613010335.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900016020_BAB_IV__240613010335.pdf Restricted to Registered users only Download (26MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900016020_BAB_V__240613010336.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900016020_DAFTAR_PUSTAKA__240613010336.pdf Download (918kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900016020_LAMPIRAN__240613010336.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Aplikasi ijogja merupakan platform perpustakaan digital berbasis media sosial berbasis android yang dikembangkan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2016 dengan tujuan untuk mengakses e-Bookstore & e-Pustaka, membangun jaringan/komunitas sesama pembaca, dan juga sebagai e-Reader untuk membaca eBook. Namun proses pemanfaatan aplikasi ijogja dinilai masih belum maksimal karena ditemukan berbagai keluhan pengguna pada halaman ulasan. Permasalahan juga diperkuat dengan data hasil wawancara kepada beberapa pengguna aplikasi ijogja, yang mana pengguna mengeluhkan tentang sulitnya proses login, proses pencarian buku yang rumit, tidak adanya informasi lama waktu peminjaman buku, dan minimnya privasi pengguna.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Design Thinking yang diawali dengan tahapan proses empathize melalui teknik observasi, wawancara, empathy map, dan user persona. Tahap define dilakukan pengelompokan permasalahan dengan teknik affinity diagram. Kemudian tahap ideate dilakukan teknik how might we dan user flow untuk menghasilkan ide solusi alternatif. Lalu tahap, prototype dilakukan implementasi alternatif solusi melalui low fidelity wireframe dan high fidelity wireframe. Terakhir dilakukan testing dengan metode usability testing dengan teknik performance measurement untuk mengukur efektifitas dan efisiensi, serta teknik system usability scale (SUS) untuk mengukur kepuasaan pengguna.
Pengujian perancangan ulang diperoleh hasil aspek efektifitas sebesar 100%, efisiensi dengan menggunakan persamaan time based efficiency mendapatkan nilai efisiensi sebesar 9,82 detik/skenario dan hasil data overall relatives efficiency diperoleh nilai efisiensi sebesar 100%. dan nilai kepuasan pengguna dengan metode SUS didapatkan persentase kepuasan sebesar 87% pada kategori acceptable dengan grade scale menunjukkan nilai B dan adjective ratings mendapatkan hasil excellent yang berarti prototype High Fidelity aplikasi ijogja digunakan dengan baik oleh pengguna dari dari segi efektivitas, efisiensi dan kepuasan pengguna.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Design thinking, user interface, perpustakaan digital iJogja |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 02:42 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 02:42 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64231 |
Actions (login required)
View Item |