Fauzan, Muhammad Fathan (2024) Perancangan sistem analisator kerusakan lubang jalan berbasis citra digital. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1903022078_JUDUL__240615034420.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1903022078_BAB_I__240615034420.pdf Download (823kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1903022078_BAB_II__240615034420.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1903022078_BAB_III__240615034420.pdf Restricted to Registered users only Download (858kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1903022078_BAB_IV__240615034420.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1903022078_BAB_V__240615034420.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1903022078_DAFTAR_PUSTAKA__240615034421.pdf Download (146kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1903022078_LAMPIRAN__240615034421.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
infrastruktur jalan dalam mendukung pergerakan ekonomi dan keamanan pengguna jalan membutuhkan kondisi jalan yang baik. Khususnya lubang jalan, menjadi tantangan serius yang mempengaruhi keselamatan dan kenyamanan pengguna. Saat ini, perkembangan teknologi citra digital memberikan peluang untuk meningkatkan pengelolaan dan analisis data kerusakan jalan. salah satu teknologinya yaitu dengan analisis kerusakan jalan berupa jalan berlubang.
Penelitian ini memfokuskan pada perancangan Analisator Lubang Jalan yang memanfaatkan dalam proses pengolahan citra. Langkah yang diterapkan sistem ini menggunakan Tresholding pada preprocessing dan pendeteksian tepi kontur. Nilai kontur yang paling besar diukur dan menghasilkan data luas. Untuk mengukur kedalaman, digunakan sensor HC-SR04. Sedangkan untuk menyimpan data lokasi menggunakan GPS 6MV2.
Hasil menunjukkan bahwa sistem ini berhasil memberikan akurasi dengan pengukuran luas area lubang mencapai 98,6%, akurasi pengukuran kedalaman sebesar 98,2%, dan akurasi pengukuran lokasi menggunakan GPS sejauh 16,64 meter dari titik pengambilan GPS. Sedangkan pada implementasinya lubang yang dapat terdeteksi hingga 74% dari 35 data.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Deteksi tepi kontur, pengolahan citra, lubang jalan |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Electrical Engineering (S1-Teknik Elektro) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 04:48 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 04:48 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64364 |
Actions (login required)
View Item |