Perancangan ulang antarmuka pengguna website kursus online menggunakan metode Design Thinking (studi kasus: Bimbel Putra Bangsa)

Maulid, Olivia Khoirunnisa (2024) Perancangan ulang antarmuka pengguna website kursus online menggunakan metode Design Thinking (studi kasus: Bimbel Putra Bangsa). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900016027_JUDUL__240613011342.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900016027_BAB_I__240613090104.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900016027_BAB_II__240613011343.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900016027_BAB_III__240613011343.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900016027_BAB_IV__240613011343.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900016027_BAB_V__240613011343.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900016027_DAFTAR_PUSTAKA__240613011343.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900016027_LAMPIRAN__240613011343.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy

Abstract

Bimbel putra bangsa merupakan website kursus online yang bertujuan untuk membantu persiapan CPNS, namun selama evaluasi menggunakan prinsip desain Nielsen’s Heuristics serta wawancara, peneliti mengidentifikasi beberapa permasalahan terkait dengan user experience. Pengguna yang mengalami user experience yang buruk dapat berdampak pada kepuasan pengguna, serta menyebabkan penurunan retensi pengguna. Pada penelitian ini akan dilaksanakan perancangan ulang antarmuka pengguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking, yang melibatkan pengguna sebagai fokus utama. Tahap pertama empathize, evaluasi, observasi, wawancara, pembuatan empathy map dan user persona dilakukan untuk mengetahui dan memahami pengguna secara mendalam. Tahap kedua define, mengidentifikasi masalah melalui pembuatan affinity diagram. Tahap ketiga ideate, yaitu menghasilkan ide dan solusi alternatif dengan menggunakan teknik how might we dan user flow. Tahap keempat prototype yaitu mengimplementasikan solusi alternatif menjadi representasi visual dengan membuat wireframe low fidelity dan prototype high fidelity. Tahap kelima test yaitu melakukan pengujian menggunakan desain yang sudah dibuat sebelumnya untuk mengukur tingkat efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna.
Hasil pengujian menunjukkan tingkat efektivitas yaitu sebesar 100%, nilai efisiensi 100%, dan skor kepuasan menggunakan SUS adalah 82, termasuk dalam kategori grade B, range acceptable, dan adjective adalah excellent. Dengan demikian, hasil pengujian menunjukkan bahwa perancangan ulang ini berhasil meningkatkan tingkat efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Design thinking, kursus online, CPNS
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 22 Jun 2024 07:19
Last Modified: 22 Jun 2024 07:19
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64419

Actions (login required)

View Item View Item