Afiksasi pembentuk verba pasif pada laporan PLP 1 dan kaitannya dengan bahan ajar teks laporan hasil observasi kelas X SMA

Viky, Arsy Rachmatul (2024) Afiksasi pembentuk verba pasif pada laporan PLP 1 dan kaitannya dengan bahan ajar teks laporan hasil observasi kelas X SMA. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000003077_JUDUL__240624112806.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000003077_BAB_I__240620030405.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000003077_BAB_II__240620030406.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000003077_BAB_III__240620030406.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000003077_BAB_IV__240620030406.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000003077_BAB_V__240620030406.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000003077_DAFTAR_PUSTAKA__240620030406.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000003077_LAMPIRAN__240620030406.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000003077_NASKAH_PUBLIKASI__240620030406.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis afiksasi pembentuk verba pasif pada Laporan PLP 1 mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan angkatan 2020. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya afiksasi pembentuk verba pasif dalam laporan PLP 1. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) bentuk afiksasi pembentuk verba pasif, (2) makna afiksasi pembentuk verba pasif, dan (3) kaitan afiksasi pembentuk verba pasif dengan bahan ajar teks Lapran Hasil Observasi di kelas X SMA.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah afiksasi pembentuk verba pasif yang terdapat pada Laporan PLP. Subjek penelitian ini adalah PLP 1 mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan angkatan 2020.
Metode pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik dasar sadap, teknik lanjutan simak bebas libat cakap (SBLC). Instrumen penelitian yaitu human instrument yang dibantu dengan kartu data dan tabulasi data. Teknik pengecekan keabsahan data berupa triangulasi. Analisis data dilakukan dengan metode agih menggunakan teknik dasar bagi unsur langsung (BUL), teknik lanjutan berupa teknik balik dan teknik ganti.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut . (1) Bentuk afiks pembentuk verba pasif berupa prefiks di- dan kombinasinya (prefiks di- tanpa kombinasi, prefiks di- kombinasi sufiks –kan, prefiks di- kombinasi sufiks -i, prefiks di- kombinasi sufiks –nya), prefiks ter- dan kombinasinya (prefiks ter- tanpa kombinasi, prefiks ter- kombinasi sufiks –kan, prefiks ter- kombinasi sufiks -i, prefiks ter- kombinasi sufiks –nya) dan simulfiks ke-an. (2) Makna afiks yang ditemukan ada 8 jenis yaitu 2 jenis makna prefiks di- (menyatakan makna perbuatan dilakukan dengan sengaja dan mengemukakan makna berlakunya kegiatan), 4 jenis makna prefiks ter- (menyatakan makna aspek perfektif, menyatakan kegiatan sudah berlangsung atau sudah selesai dilakukan, menyatakan makna ketidaksengajaan dan menyatakan makna ketiba-tibaan) dan 2 jenis makna afiks ke-an (menyatakan makna tertimpa hal yang tersebut pada bentuk dasar dan menyatakan makna dapat dikenai perbuatan yang tersebut pada bentuk dasar).

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Afiksasi, verba pasif, teks LHO, bahan ajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:26
Last Modified: 03 Jul 2024 07:26
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64933

Actions (login required)

View Item View Item