Adibah, Yumna (2024) Pengembangan Comicmath interaktif berbasis Computational Thinking dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa SMK. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2107050016_JUDUL__240626035241.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T2_2107050016_BAB_I__240626035241.pdf Download (90kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2107050016_BAB_II__240626035241.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2107050016_BAB_III__240626035241.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2107050016_BAB_IV__240626035241.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2107050016_BAB_V__240626035241.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2107050016_DAFTAR_PUSTAKA__240626035241.pdf Download (91kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2107050016_LAMPIRAN__240626035241.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan literasi matematika siswa saat ini sangat rendah, khususnya materi-
materi matematika yang menurut siswa memuat banyak simbol maupun rumus
matematika seperti barisan geometri. Dalam pembelajaran barisan geometri,
seringkali siswa mengalami kesulitan dalam menganalisis situasi matematis yang
ada, mereka bingung ketika diminta untuk membuat pola dan hubungan melalui
penarikan analogi serta generalisasinya. Dalam pemberian alasan mengenai pola
dan hubungan yang mereka buat, siswa juga mengalami kendala tersendiri. Selama
pembelajaran barisan geometri, siswa merasa sulit dalam menyajikan fenomena
matematis ke bentuk model matematis. Rendahnya kemampuan literasi matematis
ini salah satunya disebabkan oleh kurangnya kesiapan sarana prasarana dari
perangkat pembelajaran guru maupun strategi pembelajaran yang berorientasi pada
kemampuan literasi matematika siswa dan menunjang pembelajaran barisan
geometri. Oleh karena itu, pendidik perlu mempertimbangkan metode serta
pendekatan yang tepat dalam pembuatan instrumen, serta mengembangkan aspek
kemampuan literasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan
suatu perangkat pembelajaran interaktif yang valid, praktis dan efektif dalam
rangka meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa dengan menggunakan
pendekatan Computational Thinking pada pembelajaran matematika. Dalam hal ini,
peneliti mengembangkan suatu bahan ajar berupa Comicmath interaktif berbasis
Computational Thinking yang dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika
siswa SMK. Berdasarkan hasil pengembangan diketahui bahwa Comicmath
interaktif yang dikembangkan sudah memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan
keefektifan produk perangkat pembelajaran, sehingga produk tersebut dapat
meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa setelah dilakukan
implementasi.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Kemampuan literasi matematika, Comicmath, pendekatan Computational Thinking, barisan geometri |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 08:20 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 08:20 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64962 |
Actions (login required)
View Item |