Analisis kualitas layanan Senayan Library Managemnet System (SLiMS) menggunakan framework ITIL V4 di perpustakaan Kota Perak (studi kasus SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta)

Muhdar, Asriani (2024) Analisis kualitas layanan Senayan Library Managemnet System (SLiMS) menggunakan framework ITIL V4 di perpustakaan Kota Perak (studi kasus SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1700016058_JUDUL__240701112759.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1700016058_BAB_I__240701112759.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1700016058_BAB_II__240701112759.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1700016058_BAB_III__240701112759.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1700016058_BAB_IV__240701112759.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1700016058_BAB_V__240701112759.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1700016058_DAFTAR_PUSTAKA__240701112759.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1700016058_LAMPIRAN__240701112759.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy

Abstract

Perpustakaan Kota Perak SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta mengimplementasikan SLiMS versi cendana sebagai manajemen layanan informasi perpustakaan untuk melakukan pengelolaan data perpustakaan serta mempermudah pencarian referensi atau koleksi buku yang ingin diakses.

Penanganan masalah yang terjadi diperpustakaan Kota Perak dilakukan menggunakan framework ITIL V4 yang berfokus pada praktik service desk dan incident management. Proses penilaian tingkat kematangan dilakukan dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner sehingga menghasilkan nilai tingkat kematangan saat ini, nilai yang diharapkan analisis gap dan membuat rekomendasi untuk SOP penanganan insiden.

Perhitungan tingkat kematangan saat ini pada service desk dan incident management rata-rata berada pada level 4 atau managed dan hasil nilai gap service desk yaitu 1,10 dengan tingkat kematangannya (maturity level) yaitu 3,90 dan pada incident management dengan nilai tingkat kematangan (maturity level) yaitu 3,79 yang memiliki nilai gap sebesar 1,21 Kemudian untuk mencapai target nilai yang diharapkan maka dilakukan pemberian rekomendasi berupa pembuatan SOP untuk dapat meningkatkan layanan di perpustakaan Kota Perak.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: SLiMS, ITIL V4, maturity level, SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 02 Jul 2024 04:07
Last Modified: 02 Jul 2024 04:07
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65039

Actions (login required)

View Item View Item