Keefektifan konseling kelompok teknik self management untuk mereduksi perilaku nomophobia di SMAN 1 Waled

Alfarisy, Salsabila Syifa (2024) Keefektifan konseling kelompok teknik self management untuk mereduksi perilaku nomophobia di SMAN 1 Waled. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000001165_JUDUL__240701085717.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000001165_BAB_I__240701085717.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000001165_BAB_II__240701085717.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000001165_BAB_III__240701085717.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000001165_BAB_IV__240701085718.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000001165_BAB_V__240701085718.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001165_DAFTAR_PUSTAKA__240701085718.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000001165_LAMPIRAN__240701085718.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Era globalisasi saat ini, teknologi dituntut untuk memudahkan setiap pekerjaan manusia, termasuk akses terhadap informasi. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi adalah penggunaan smartphone. Munculnya smartphone di kalangan remaja yang temperamennya masih labil membuatnya sulit memanajemen waktu, bahkan mengalami kecemasan ketika jauh dari smartphone sehingga tanpa disadari mereka ketergantungan dengan smartphone dan berdampingan dengan istilah Nomophobia (No Mobile Phone Phobia). Hal tersebut dibuktikan dengan hasil wawancara guru BK dan observasi di SMA N 1 Waled, yang menunjukkan bahwa peserta didik selalu membawa smartphone ke manapun dan intensitas penggunaan smartphone yang tinggi menyebabkan penurunan motivasi belajar dan menurunnya interaksi sosial antar peserta didik. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan layanan konseling kelompok teknik self-management dalam mereduksi perilaku nomophobia siswa kelas XII IPS SMA N 1 Waled.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental dengan rancangan One Group pretest-posttest design. Populasi berjumlah 170 orang siswa kelas XII IPS SMA N 1 Waled. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah subjek sebanyak 6 orang siswa kelas XII IPS SMA N 1 Waled. Pelaksanaan treatment dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala nomophobia dengan bentuk skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 16. Adapun hasil uji validitasnya yaitu dari 35 item pernyataan, terdapat 5 item pernyataan yang gugur dan terdapat 30 item yang valid. Adapun hasil uji reliabilitas Alpha Cronbach dihasilkan nilai sebesar 0,848 yang menunjukkan bahwa skala tersebut reliabel. Analisis data pada penelitian ini menggunakan paired sample t-test karena data berdistribusi normal.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan konseling kelompok teknik self-management efektif untuk mereduksi nomophobia siswa kelas XII IPS SMA N 1 Waled. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pre-test sebesar 106,2 dan nilai rata-rata post-test sebesar 84,2. Kemudian hasil uji hipotesis paired sample t-test menghasilkan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,003 < α (0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Konseling kelompok, self-management, nomophobia
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:20
Last Modified: 03 Jul 2024 07:20
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65066

Actions (login required)

View Item View Item