Pengembangan LKPD berbasis problem based learning pada materi bangun ruang sisi datar guna meningkatkan literasi matematis siswa SMP N 2 Imogiri

Sholikhah, Suciana (2023) Pengembangan LKPD berbasis problem based learning pada materi bangun ruang sisi datar guna meningkatkan literasi matematis siswa SMP N 2 Imogiri. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900006116_JUDUL__230413110818.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900006116_BAB_I__230410080553.pdf

Download (440kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900006116_BAB_II__230410080553.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900006116_BAB_III__230410080553.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900006116_BAB_IV__230410080553.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900006116_BAB_V__230410080553.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006116_DAFTAR_PUSTAKA__230410080553.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900006116_LAMPIRAN__230406095942.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SMPN 2 Imogiri yang diperoleh dari observasi kegiatan Kampus Mengajar serta hasil wawancara dengan guru matematika. Permasalahan tersebut diantaranya siswa memiliki minat baca yang rendah, siswa kesulitan dalam memahami masalah kontekstual, guru belum mengembangkan LKS yang sesuai dengan karakteristik siswa karena membutuhkan waktu yang lama, bahan ajar yang ada kurang menarik perhatian siswa terutama terkait literasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi bangun ruang sisi datar yang diujicobakan ke siswa dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE), dengan subjek penelitian yaitu siswa-siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Imogiri. Sebelum dilakukan uji coba dikelas, LKPD dan soal pretest postest harus divalidasi terlebih dahulu ke ahli materi, ahli media dan ahli pretest postest. Setelah dinilai kevalidannya, maka dilanjutkan dengan mengujicobakan LKPD tersebut di uji coba kelas kecil ke 5 siswa dan uji coba kelas besar ke 29 siswa untuk mengetahui respon siswa terhadap LKPD yang dikembangkan serta melakukan pretest postest untuk mengetahui peningkatan dari kemampuan literasi matematis siswa.
Hasil penelitian didapatkan sebagai berikut: 1) Skor ahli materi sebesar 85,52 yang dikategorikan sangat valid, skor ahli media sebesar 89,41 yang dikategorikan sangat valid dan ahli pretest postest sebesar 86,67 dengan kategori sangat valid; 2) Hasil respon siswa dengan rata-rata sebesar 88,55 dengan kategori sangat praktis dan hasil respon guru dengan rata-rata sebesar 88,14 dengan kategori sangat praktis; 3) Adanya peningkatan rata-rata dari hasil pretest postest sebesar 37,21 dari skor 44,90 menjadi 82,11. Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi bangun ruang sisi datar guna meningkatkan literasi matematis siswa SMP dapat digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan literasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: LKPD, problem based learning, bangun ruang sisi datar dan literasi matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:46
Last Modified: 15 Jul 2024 06:46
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65121

Actions (login required)

View Item View Item