Sistem pendukung keputusan rekomendasi SD berdasarkan zonasi menggunakan K-Means Clustering dan Analitycal Hierarchy Process (studi kasus Kecamatan Parindu)

Herminarimawati, Endah (2023) Sistem pendukung keputusan rekomendasi SD berdasarkan zonasi menggunakan K-Means Clustering dan Analitycal Hierarchy Process (studi kasus Kecamatan Parindu). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800018156_JUDUL__230414053003.pdf

Download (914kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800018156_BAB_I__230412062650.pdf

Download (562kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800018156_BAB_II__230412062650.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800018156_BAB_III__230412062650.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800018156_BAB_IV__230412062651.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800018156_BAB_V__230412062651.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800018156_DAFTAR_PUSTAKA__230412062651.pdf

Download (555kB)

Abstract

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kecamatan Parindu menggunakan kriteria utama penerimaan siswa yaitu jalur zonasi (jarak terdekat dari tempat tinggal ke sekolah). Berdasarkan hasil wawancara kepada Bapak Slamet Riyadi, M.Pd selaku KORWIL (Koordinator Wilayah Kecamatan Parindu) menyatakan minim informasi tentang sekolah dasar membuat kesulitan dalam mendapat informasi sekolah dasar karena untuk mendapatkan informasi masih secara manual mendatangin kantor koordinator wilayah parindu sehingga membuat orang tua/wali kebingungan dalam menentukan sekolah dasar bagi putra-putrinya sesuai zonasi. Pada wawancara didapat data 31 sekolah di Kecamatan Parindu dan data sekolah berisikan informasi siswa yang tidak di terima karena tidak sesuai zonasi pada tahun 2021 dan 2022 dan didapat data kuisioner yang dibagikan kepada orang tua/wali dengan 10 pertanyaan mengenai zonasi yang dijalankan di Kecamatan Parindu. Tujuan dan manfaat penelitian ini untuk membuat sistem yang dapat memberi informasi sekolah dasar kepada orang tua/wali dan membuat sistem pendukung keputusan dengan memberi rekomendasi sekolah dasar.
Tahapan penelitian diawali studi literatur, pengumpulan data, pengolahan data, analisis kebutuhan sistem, perancangan sistem, implementasi sistem, pengujian sistem, penarikan kesimpulan. Penelitian ini mengambil data dengan observasi, wawancara, kuisioner. Metode yang digunakan yaitu K-Means Clustering untuk mengelompokkan sekolah berdasarkan zonasi jarak terdekat selanjutnya menggunakan Analytical Hierarchy Process untuk memberi rekomendasi sekolah. Data yang telah didapat digunakan untuk membuat sistem pendukung keputusan dalam memberikan informasi dan rekomendasi sekolah dasar kepada orang tua/wali di Kecamatan Parindu. Penelitian ini menggunakan pengujian black box, pengujian system usability scale, pengujian expert judgement.
Penelitian ini menghasilkan sistem pendukung keputusan yang mengelompokkan sekolah sesuai zonasi dengan memberi informasi tentang sekolah dan rekomendasi sekolah dasar sesuai zonasi di Kecamatan Parindu. Penelitian ini menggunakan pengujian black box dengan hasil kelayakan 92,85%, pengujian system usability scale dihasilkan score 83 nilai interprestasi di grade B Good sistem dinyatakan ACCEPTABLE dan pengujian expert judgement dihasilkan tingkat akurasi yaitu 100%. Pada masing-masing sampel mendapat rekomendasi sekolah dasar yang sesuai dengan zonasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Sistem pendukung keputusan, K-Means clustering, analytical hierarchy process
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:55
Last Modified: 15 Jul 2024 03:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65125

Actions (login required)

View Item View Item