Pengembangan media pembelajaran game edukasi hijaiyah dengan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) berbasis android

Alhasyari, Fadchurrozi (2023) Pengembangan media pembelajaran game edukasi hijaiyah dengan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) berbasis android. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800018212_JUDUL__230517125936.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800018212_BAB_I__230516022117.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800018212_BAB_II__230516023025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800018212_BAB_III__230516023025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800018212_BAB_IV__230516023025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800018212_BAB_V__230516023025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800018212_DAFTAR_PUSTAKA__230516023025.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800018212_LAMPIRAN__230516023025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu sarana fisik dan komunikasi untuk menyampaikan materi dalam keperluan pembelajaran. Tujuan adanya media pembelajaran untuk memudahkan atau membantu para guru dalam menyampaikan pesan-pesan atau materi pelajaran kepada siswa agar materi lebih mudah dimengerti dan lebih menarik perhatian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengembangan media pembelajaran game edukasi huruf hijaiyah dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) berbasis mobile. Hal ini didasari atas permasalahan yang muncul di SDIT Harapan Bunda yaitu metode pembelajaran yang dirasa monoton menjadikan pembelajaran kurang menarik dan kurang membantu murid dalam pemahaman materi yang diajarkan.
Penelitian-penelitian terdahulu dikaji untuk digunakan sebagai alat pendukung dalam penggunaan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Metode ini mencakup beberapa tahapan, yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, perakitan, pengujian, dan distribusi. Software yang digunakan antara lain construct 2 dan distribusi website. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji. Pengumpulan data berupa kuesioner Ahli Media, Ahli Materi, dan Pengujian Beta (Anak-anak) dengan melibatkan 17 anak SD-IT Harapan Bunda, 1 Orang Guru, dan 1 orang ahli di bidang multimedia.
Dari penelitian ini dihasilkan perangkat lunak game edukasi mengenai huruf hijaiyah dengan metode MDLC berbasis mobile yang mampu memberikan sarana pembelajaran yang baru bagi siswa SDIT Harapan Bunda. Pengembangan media pembelajaran ini dapat menarik dan membantu siswa dalam memahami materi yang diajarkan yaitu huruf hijaiyah.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Media pembelajaran, game edukasi, MDLC (Multimedia Development Life Cycle), mobile android
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:23
Last Modified: 08 Jul 2024 02:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65191

Actions (login required)

View Item View Item