Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Krangkeng pada Materi Gerak Harmonis Sederhana Melalui Media Virtual Lab

Sanidi, Sanidi and Ishafit, Ishafit and Dwi, Sulisworo (2015) Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Krangkeng pada Materi Gerak Harmonis Sederhana Melalui Media Virtual Lab. In: Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX HFI Jateng & DIY, 25 April 2015, Yogyakarta.

[thumbnail of Sanidi Ishafit Dwi HFI29.pdf] Text
Sanidi Ishafit Dwi HFI29.pdf

Download (248kB)

Abstract

Virtual Laboratory (Virtual Labs) adalah perangkat lunak komputer berbasis multimedia interaktif yang dapat mensimulasikan kegiatan di laboratorium seperti pada kondisi laboratorium sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran menggunakan media Virtual Lab untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi gerak harmonis sederhana. Pembelajaran melalui media Virtual Lab dilakukan dengan cara demonstrasi menggunakan software PhET Mass Spring Lab. Metoda penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan desain pretes-postes menggunakan kelompok kontrol (Nonrandomized Control Group Pretest-posttest Design). Subjek penelitiannya adalah Siswa SMA Negeri 1 Krangkeng Kabupaten Indramayu Jawa barat yakni sebanyak 36 siswa Kelas XI-2 MIPA sebagai Kelompok eksperimen, sedangkan Kelas XI-5 MIPA kelompok kontrol terdiri dari 36 siswa. Data penelitian diperoleh melalui test penguasaan konsep materi gerak harmonis sederhana berbentuk pilihan berganda sebanyak 10 soal. Peningkatan penguasaan konsep diketahui dari nilai rata-rata signifikansi peningkatannya yang ditentukan menggunakan analisis statistik dua rerata dari skor pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pembelajaran berbasis Virtual Lab dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa Kelas XI-2 MIPA. Rata-rata perolehan sebelum mengunakan media Virtual Lab untuk kelas eksperimen pretest 59,75 dan setelah menggunakan media Virtual Lab hasil postestnya 72,50, sehingga terjadi perbedaan rata-ratanya 12,78, ini menggambarkan peningkatan hasil belajar adalah sebesar 12,78; (2) media pembelajaran Virtual Lab dapat dijadikan alat bantu untuk mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah;(3) aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung merespon sangat baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Prof. Dr Dwi Sulisworo
Date Deposited: 25 Apr 2017 03:23
Last Modified: 25 Apr 2017 03:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/6537

Actions (login required)

View Item View Item