Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI/SD

Rofiah, Nurul Hidayati Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI/SD. Seminar Nasional Pendidikan Menuju Generasi Emas Prodi PGSD FKIP Unissula.. ISSN 978-602-1145-04-3

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Unissula.pdf] Text
Unissula.pdf

Download (198kB)

Abstract

Strategi pembelajaran kooperatif merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran PAI agar pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Strategi pembelajaran kooperatif secara psikologis sesuai dengan perkembangan sosial peserta didik usia MI dan sesuai dengan karakteristik mereka yang senang bekerja dalam kelompok. Strategi kooperatif juga merupakan cerminan dari unsur kepribadian bangsa Indonesia yaitu gotong royong. Oleh karena itu pembelajaran harus sesuai dengan keadaan masyarakat dan sifat gotong royong hendaknya dijadikan suatu prinsip yang mewarnai praktik pembelajaran untuk peserta didik.
Dengan strategi pembelajaran kooperatif, guru dapat menggunakan berbagai metode yang menarik yang dapat meningkatkan minat, motivasi, prestasi peserta didik. Peserta didik tidak hanya mendengarkan melalui ceramah, tetapi mereka dituntut untuk aktif kooperatif dengan teman sekelasnya. Dengan strategi ini, interaksi pembelajaran akan lebih “multi-arah” dan terjadi diversifikasi sumber belajar. Strategi pembelajaran kooperatif ini diarahkan pada pengembangan kemampuan kognitif siswa bersamaan dengan kemampuan hubungan interpersonal (ketrampilan sosial) peserta didik.
Dalam pelaksanaan strategi pembelajaran kooperatif dibutuhkan kemauan dan kemampuan serta kreatifitas guru dalam mengelola lingkungan kelas, sehingga guru menjadi lebih aktif terutama saat menyusun rencana pembelajaran secara matang, pengaturan kelas saat pelaksanaan, dan membuat tugas untuk dikerjakan siswa bersama dengan kelompoknya.

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Pendidikan Agama Islam, Strategi Pembelajaran

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mpd Ragil Kurniawan
Date Deposited: 03 May 2017 03:51
Last Modified: 03 May 2017 03:51
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/6564

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item