Wirawati, Denik and Rahman, Arif and Fahmi, Syariful (2024) Integrasi Media Sosial dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa di Prodi PBSI UAD Pada Era Society 5.0. KODE; Jurnal Bahasa, 13 (1). pp. 164-177. ISSN 2579-7957
Text
1. KODE UNIMED MARET 2024 INTEGRITAS MEDSOS.pdf Download (864kB) |
Abstract
Penelitian in bertujuan memaparkan integrasi media sosial
di dalam proses pembelajaran keterampilan berbahasa
(membaca, menyimak) di prodi PBSI UAD semester gasal.
Penelitian ini dilatarbelakangi, sebagai pengajar
hendaknya mengembangkan diri dalam proses mengajar.
Penelitian memaparkan gambaran integrasi media sosial
dalam pembelajaran keterampilan berbahasa di prodi PBSI
UAD pada era society 5.0. Metode penelitian deskriptif
kualitatif. Sampel; random pada matakuliah membaca,
menyimak. Masing-masing mengambil satu kelas sebagai
sampel data. Jumlah mahasiswa kurang lebih 30. Teknik
samplingnya adalah probility sampling. Hasil penelitian
yaitu integrasi media sosial dilakukan pada pembelajaran
komprehensi tulis (membaca) dan komprehensi Lisan
(menyimak). Integrasi media sosial dengan menggunakan
Youtobe, tiktok dan Instagram dalam tahap pembukaan,
inti, penutup serta evaluasi dalam proses pembelajaran
keterampilan membaca dan menyimak. Pentingnya
sebagai dosen mengikuti perkembangan teknologi yang
disesuaikan dengan generasi Z. Artikel ini dapat
digunakan sebagai referensi kedepan bagi pembaca
khususnya pengajar bahwa media sosial dapat
diintegrasikan dalam pembelajaran membaca dan
menyimak
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) |
Depositing User: | M.Pd. Denik Wirawati |
Date Deposited: | 03 Aug 2024 02:57 |
Last Modified: | 03 Aug 2024 02:57 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65790 |
Actions (login required)
View Item |