Nur Anisa, dewvy (2024) Digital Leadership di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. UNSPECIFIED. (Unpublished)
Other (Pembimbing 2 Tesis_Dewvy)
Tesis _Dewvy.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pemimpin digital sebagai orang yang dapat menentukan arah, memengaruhi orang lain, memulai perubahan berkelanjutan dengan informasi, dan membangun hubungan untuk mengantisipasi perubahan yang penting bagi keberhasilan sekolah di masa depan. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan proses mempengaruhi, membimbing, dan menggerakkan keterampilan digitalisasi abad 21 life and career skills, learning and innovation skills, dan Information media and technology skills di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan study kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara individual dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital leadership di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta dilakukan dengan sangat baik pada life and career skills mempengaruhi warga penguatan visi misi, pembiasaan budaya digital, penyelarasan dengan industri, pro aktif terhadap perubahan, dan memperbanyak jaringan mitra, pembimbingan dengan menyelaraskan tujuan bersama terhadap digitalisasi dengan kebutuhan karir, penguatan SDM, dan menyediakan bimbingan personal mengenai kebutuhan dan respon terhadap digitalisasi pada keseharian dan karir. menggerakkan pembiasaan digitalisasi, interaksi langsung dengan industri, kolaborasi dengan industri, mengoptimalkan sarana pada penggunaan harian, mencontohkan penggunaan digital pada keseharian sebagai role model. Pada learning and innovation skills mempengaruhi dengan memicu karya inovasi baru kemudian menyediakan sarana prasarana yang mendukung pembelajaran, melaksanakan study banding, membimbing dengan menguatkan tujuan pembelajaran digital, mengadakan bimbingan prestasi, pemerataan pembelajaran dan prestasi, serta melakukan penguatan pada kompetensi digital guru, menggerakkan mendukung inovasi baru, memberdayakan SDM pada penghasilann karya inovasi pembelajaran baru, melakukan supervisi pada pembelajaran, mengapresiasi setiap karya dan inovasi. Pada median dan technology skills mempengaruhi dengan menyelaraskan teknoloigi pada setiap aspek, menyesuaikan sarana prasarana dengan teknologi digital, pemerataan penguasaan IT, membiasakan penggunaan teknologi, membimbing dengan menyesuaikan pelatihan terhadap perkembangan teknologi baru, dan memperkuat kebutuhan akan teknologi, menggerakkan dengan membentuk tim khusus IT, mengapresiasi pemanfaatan IT serta memperkuat pemanfaatan media digital dengan melakukan promosi sekolah via sosial media, mengaktifkan sosial media.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Dr Bambang Sudarsono |
Date Deposited: | 10 Aug 2024 04:15 |
Last Modified: | 10 Aug 2024 04:31 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/66545 |
Actions (login required)
View Item |