[similarity Check]Analisa Biomekanika Pada Aktivitas Penyetrikaan Studi Kasus Nafiri Laundry Yogyakarta

Ma'ruf, Farid and Adiyanto, Okka and Triesnaningrung, Hana Fitri [similarity Check]Analisa Biomekanika Pada Aktivitas Penyetrikaan Studi Kasus Nafiri Laundry Yogyakarta. Perhimpunan Ergonomi Indonesia.

[thumbnail of DB_report_[JMIL] B.1. ANALISA KAPASITAS PRODUKSI DI STASIUN PERAKITAN DENGAN.pdf] Text
DB_report_[JMIL] B.1. ANALISA KAPASITAS PRODUKSI DI STASIUN PERAKITAN DENGAN.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Gangguan Muskuloskeletal (MSDS) adalah salah satu keluhan yang paling umum ditemukan oleh pekerja skala UKM, baik pekerja bidang manufaktur maupun bidang jasa. Kota Yogyakarta sebagai kota pelajar memberikan dampak postif terhadap perkembangan usaha bidang UKM jasa terutama jasa laundry. Salah satu pekerjaan pada usaha laundry adalah menyetrika. Menyetrika pada usaha laundry merupakan kegiatan pokok yang harus ada dan tidak memerlukan mobilitas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi postur tubuh operator laundry pada saat proses penyetrikaan. Jumlah operator yang diamati yaitu operator dengan 2 kegiatan yaitu posisi duduk mengambil baju di atas kursi (Posisi 1) dan (Posisi 2) duduk menyetrika baju. Penelitain ini menggunakan pendekatan metode biomekanika, standar batas aman mengacu pada NIOSH dengan gaya tekan maksimal (FC) 6500 N pada L5/S1 dan batas gaya angkatan normal (Action Limit) sebesar 3500 N pada L5/S1. Berdasarkan hasil yang sudah dilakukan, maka diperoleh bahwa 3 operator tersebut memiliki nilai FC pada posisi 1 yaitu 269,713 N untuk operator 1, 312,986 N untuk operator 2, dan 198,988 N untuk operator 3. Pada posisi 2 operator 1 memiliki nilai FC yaitu 349, 5 N, posisi 2 memiliki nilai 453,376 N, dan posisi 3 memiliki nilai 276,624 N. Berdasarkan dari standar NIOSH, maka ketiga operator tersebut memilki nilai FC < AL sehingga ketiga operator tersebut memiliki posisi yang aman.

Item Type: Other
Keyword: Ergonomic, Force Compressor, laundry, Action Limit, biomechanics
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: Ph.D Okka Adiyanto
Date Deposited: 20 Aug 2024 02:00
Last Modified: 20 Aug 2024 02:00
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/67809

Actions (login required)

View Item View Item